Sukses

Baru Lima Hari, Adopsi iOS 14 Capai 26,8 Persen dari Total iPhone

Apple hanya butuh waktu 5 hari hingga angka adopsi iOS 14 menyentuh 26,8 persen dari jumlah perangkat yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Minggu lalu, Apple menggulirkan update sistem operasi terbaru iOS 14. Terkini, sistem operasi tersebut telah diadopsi 26,8 persen pengguna iPhone, iPad, dan iPod.

Rupanya, Apple hanya butuh waktu 5 hari hingga angka adopsi menyentuh 26,8 persen dari jumlah perangkat yang ada. Demikian berdasarkan data dari Mixpanel.

Mengutip laman Apple Insider, Selasa (22/9/2020), Mixpanel menyebut angka adopsi ini tampaknya melampaui adopsi iOS 13 setelah 5 hari digulirkan pada tahun lalu. Saat itu, dalam lima hari kehadirannya, iOS 13 dipasang di 20 persen iPhone yang ada di dunia.

Perlu diketahui, pada 16 September lalu, Apple resmi merilis iOS 14 untuk iPhone dan iPod Touch, serta iPadOS 14 untuk iPad.

Disebutkan, yang membuat iOS 14 lebih cepat diadopsi karena kehadiran berbagai fitur barunya. Misalnya, opsi kustomisasi Home Screen yang baru serta kemampuan untuk mengatur email dan browser pihak ketiga sebagai sistem default di iPhone.

Data Mixpanel sendiri memasukkan adopsi iPadOS 14 yang diestimasi berdasarkan analisis penggunaan website dan aplikasi.

Biasanya selain dari perusahaan riset, pihak Apple juga merilis angka adopsi iOS terbaru. Namun perilisan angka adopsi ini dilakukan sekitar 1 bulan setelah perilisan iOS 14.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang iOS 14

Sebelumnya, pada 15 September 2020, Apple mengumumkan bahwa iOS 14 dan iPad 14 bersama WatchOS dan tvOS mulai 16 September 2020.

Mengutip laman The Verge, Rabu (16/9/2020), update iOS 14 menghadirkan widget pada home screen iPhone untuk pertama kalinya.

Selain itu, pengguna juga bisa mengumpulkan seluruh aplikasi yang ada di iPhone dalam sebuah App Library.

Lewat update iOS 14, pengguna juga bisa menggunakan mode picture-in-picture yang selama ini sudah ada di iPad. iOS 14 juga menghadirkan aplikasi Terjemah yang baru.

Sementara itu, iPadOS 14 tidak akan mengizinkan pengguna meletakkan widget di mana pun seperti yang diinginkan. Namun hal itu memungkinkan jika dilakukan dengan Apple Pencil.

3 dari 3 halaman

Berbagai Peningkatan

Fitur Scribble atau catatan yang baru pada iPadOS 14 memungkinkan pengguna menulis dengan tangan di bidang teks apapun di iPad OS.

"Kata-kata yang ditulis secara otomatis diubah menjadi reks," kata Apple saat meluncurkan sistem operasi baru ini.

Tidak hanya itu, dengan sistem operasi baru ini, lebih banyak aplikasi asli Apple yang yang ada di sidebar dan bagian menu diperluas untuk memanfaatkan layar iPad yang lebih besar.

Update ini juga membawa peningkatan pada aplikasi Messages, misalnya dengan kehadiran pin percakapan, mentions, dan tampilan balasan sebaris.

Peningkatan juga ada pada petunjuk arah sepeda di Maps, notifikasi yang lebih ringkas untuk paggilan masuk, peningkatan privasi, aplikasi Music yang hadir lebih baru, serta peningkatan lainnya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini