Sukses

Ini 6 Tim E-Sports Terbaik di Indonesia Games Championship 2020

Gelaran Indonesia Games Championship 2020 resmi berakhir dan sudah menobatkan enam tim terbaik di kompetisi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang diselenggarakan Dunia Games Telkomsel dan Garena resmi berakhir. Ada enam tim e-sports yang menjadi juara dari kompetisi tersebut.

Adapun enam tim pemenang adalah Magnus (League of Legends), EVOS Sports (Arena of Valor dan Free Fire pria), Hertz Emotz (Arena of Valor wanita), Louvre x One Team (Call of Duty Mobile pria), Star8 Celestial (Call of Duty Mobile wanita), dan Toxic (Free Fire wanita).

Keenam tim tersebut keluar sebagai juara setelah mengalahkan tim lain pada babak Grand Final yang digelar secara online pada 27 hingga 30 Agustus 2020.

"Selamat kepada tim yang berhasil menjadi juara. Semoga kesuksesannya di IGC 2020 mampu menginspirasi tim serta penggiati lainnya untuk mencetak prestasi di industri e-sports Tanah Air," tutur Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam keterangan resmi, Selasa (1/9/2020).

Sepanjang penyelanggaraan, IGC 2020 juga memiliki sejumlah catatan menarik sebagai kontribusi untuk memajukan industri e-sports Indonesia. Salah satunya adalah jumlah peserta yang mencapai lebih dari 34 ribu dan tergabung dalam lebih dari 8.200 tim.

Peserta kompetisi ini juga berasal dari berbagai dari di Indonesia. Secara keseluruhan, peserta IGC 2020 berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia, dan tiga negara Asia Tenggara lain, yakni Malaysia, Singapura, dan FIlipina.

Rangkaian IGC 2020 yang dilakukan secara live streaming melalui situs Dunia Games dan aplikasi MAXstream ini juga berhasil menyedot lebih dari 10 juta views, dengan 1,5 juta jam waktu tonton sepanjang penyelenggaraan.

"Kami terus berharap, kompetisi seperti ini dapat menjadi oase bagi para penggiat e-sports di Tanah Air untuk tetap memajukan industri, walaupun kita sedang berada di masa yang sulit," tutur Setyanto melanjutkan.

Setyanto pun berharap dapat menggelar kembali IGC di tahun berikutnya dengang lebih menarik. Harapannya, gelaran ini dapat memberikan dampak lebih besar dalam mengembangkan sekaligus menguatkan industri e-sports Indonesia secara inklusif maupun berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

64 Tim Bertanding di Babak Playoff Indonesia Games Championship 2020

Sebagai informasi, pekan lalu, perhelatan Indonesia Games Championship (IGC) 2020 telah memasuki babak playoff pada 24 hingga 26 Agustus 2020.

Di babak playoff akan ada 64 tim bertanding yang memperebutkan tempat di babak Grand Final IGC 2020 pada 27 hingga 30 Agustus 2020. Seluruh kegiatan ini akan dapat disaksikan melalui situs web Dunia Games dan aplikasi Maxstream.

"Pada turnaman eSports ini, Telkomsel berkomitmen mengembangkan dunia gim secara positif. Jadi, kami membuka kesempatan gamera untuk meningkatkan kemampuannya sekaligus mendekatkan komunitas e-sports di seluruh Indonesia," tutur Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro saat konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

Lebih lanjut Setyanto menuturkan kompetisi ini juga melengkapi konsistensi dalam menjalankan empat pilar Dunia Games, yaitu sebagai portal gim, penerbit gim, penyelenggara kompetisi, dan penyedia pembayaran untuk konten dalam gim.

"Lewat kompetisi ini, kami juga membuka kesempatan sebesar-besarnya untuk para pemain, memberikan kesempatan yang sama untuk para gamer bertanding, baik yang profesional dan amatir. Ini menjadikan IGC 2020, saya katakan merupakan turnamen grass root terbesar di Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Anto itu melanjutkan.

Pernyataan itu bukan tanpa alasan sebab IGC 2020 diikuti oleh lebih dari 34.000 peserta yang tergabung dalam lebih dari 8.200 tim. Tidak hanya itu, secara keseluruhan, peserta turnamen ini berasal dari 457 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Untuk kompetisi tahun ini pula, IGC 2020 hadir dengan membuka kompetisi untuk peserta perempuan. Hasilnya, ada lebih dari 1.200 peserta perempuan yang terbagi dalam lebih dari 300 tim.

IGC 2020 akan mempertandingkan empat judul gim, yakni Free Fire, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, dan League of Legends. Nantinya, seluruh peserta akan memperebutkan total hadiah senilai lebih dari Rp 1,6 miliar.

3 dari 3 halaman

Partisipasi Gelaran IGC 2020

Sebagai informasi, gelaran IGC 2020 sebenarnya tidak hanya datang dari Indonesia. Peserta lain juga berasal dari Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Pendaftaran kompetisi ini dibuka pada Mei dan Juni, yang lalu dilanjutkan pada babak kualifikasi di Juli dan Agustus. Mengingat kondisi pandemi saat ini, seluruh rangkaian kompetisi ini pun digelar secara online.

"Kompetisi ini tahun ini menjadi salah satu dengan partisipan yang terbesar, penonton di YouTube pun kini mencapai 10 juta views. Ini meningkat jauh dari sebelumnya," tutur Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh.

Hal itu ditegaskan pula oleh General Manager Games and Publishing Telkomsel, Auliya Ilman Fadli. Dia mengatakan, rencana awal kompetisi ini akan digelar secara offline, seperti yang dilakukan pada 2017 dan 2018.

"Namun berhubung dengan kondisi Covid-19, kami melakukan shifting menjadi event online. Hanya memang antusiasme itu dari gamer itu tidak turun, termasuk partisipasinya tidak turun," ujarnya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini