Sukses

CEO Apple Tim Cook Resmi Jadi Miliarder, Kejar Jeff Bezos dkk

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Bloomberg Billionaires Index mengungkap laporan tentang nilai kekayaan bersih CEO Apple Tim Cook.

Dikutip dari laporan Bloomberg, Selasa (11/8/2020), Cook kini memiliki kekayaan bersih bernilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,60 triliun.

Perhitungan ini berdasarkan analisis pengajuan peraturan dan penerapan kinerja pasar dari investor dan hasil dari penjualan sahamnya.

Tim Cook resmi menggantikan posisi Steve Jobs selaku CEO sejak Agustus 2011 dan memimpin Apple hingga menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Pencapaian ini cukup langka terjadi di dalam dunia bisnis, mengingat Cook sendiri bukan founder atau co-founder Apple yang meraih titel milioner.

Pada 2019, Tim Cook menempati peringkat kedua dalam daftar kepala eksekutif Amerika Serikat dengan bayaran tertinggi, di belakang Elon Musk selaku CEO Tesla.

2 dari 3 halaman

Kejar Jeff Bezos, Bill Gates dkk

Jeff Bezos, sang CEO Amazon juga sedang berada di dalam gedung saat itu.

Lebih lanjut, kekayaan bersih yang dimiliki Tim Cook ini masih jauh dibandingkan dengan petinggi perusahaan teknologi lainnya, seperti Jeff Bezos hingga Elon Musk.

Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires, posisi pertama di dalam daftar tersebut masih ditempati oleh CEO Amazon, Jeff Bezos, dengan kekayaan senilai USD 187 miliar.

Posisi berikutnya diikuti oleh CEO Microsoft, Bill Gates (USD 121 miliar); dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg (USD 102 miliar).

 

3 dari 3 halaman

Terkenal dengan Kegiatan Dermawan

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Seperti petinggi perusahaan lainnya, Tim Cook cukup terkenal dengan sifat filantropinya. Pada 2015, ia berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaannya untuk tujuan amal.

Tahun lalu, Cook menyumbangkan sekitar USD 5 juta saham untuk badan amal yang dirahasiakan.

(Ysl/Why)