Sukses

Permintaan Mobil Bekas secara Online Berangsur Pulih

Merujuk pada data OLX Indonesia, seiring dengan pemberlakuan New Normal pada bulan Juni, jumlah pencari mobil bekas berangsur pulih seperti semula

Liputan6.com, Jakarta - Pemberlakuan New Normal mulai awal Juni kemarin diharapkan mampu menggairahkan perekonomian dan memulihkan berbagai sektor industri terdampak pandemi Covid-19, termasuk sektor pasar mobil bekas yang tampak berangsur pulih.

Merujuk pada data OLX Indonesia, seiring dengan pemberlakuan New Normal pada bulan Juni, jumlah pencari mobil bekas  berangsur pulih seperti semula, yakni di kisaran 80 persen. 

Sebelumnya rata-rata jumlah pencari mobil di platform OLX sempat menurun terutama ketika PSBB mulai berlangsung.  

Data Otobarometer OLX Indonesia juga menunjukkan total pencari mobil bekas pada Juni 2020 naik sekitar 6 persen, jika dibandingkan bulan April 2020. Dari sisi produk yang ditawarkan, mobil bekas di platform OLX.co.id, pada Juni 2020 juga meningkat sekitar 35 persen dibandingkan Mei 2020.   

"Kami optimistis pasar mobil bekas akan membaik dalam tiga bulan ke depan," ujar Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX Indonesia seraya merujuk pada riset internal perusahaan bertajuk Pasar Mobil Bekas Indonesia di Era New Normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permintaan Tertunda

Sebagian besar permintaan penjualan mobil bekas, kata Imelda, sebenarnya tidak hilang, melainkan tertunda.

"Apalagi preferensi konsumen cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum, hal ini agar lebih mudah menjaga kebersihan dan kesehatan diri dengan lebih cermat," tutur Imelda.

Pelanggan, menurut riset tersebut, juga cenderung memilih mobil bekas karena mereka harus melakukan realokasi dana untuk kepentingan lain di era New Normal ini.

 

3 dari 3 halaman

Cashback

Melihat animo masyarakat saat ini terhadap pasar mobil bekas, sekaligus untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus nanti, OLX Autos menggelar Program Auto Cashback 1.7 Juta.

“Program Auto Cashback 1.7 Juta ini berlaku khusus untuk konsumen yang menjual mobilnya pada periode 6-20 Agustus 2020 melalui fasilitas Home Inspection dan Inspection Center OLX Autos," kata Imelda.

Fasilitas-fasilitas itu tersebar di 7 wilayah, yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali.

"Auto Cashback 1.7 Juta akan langsung diberikan untuk setiap penjualan mobil di OLX Autos dalam periode tersebut dengan minimal transaksi Rp 100 juta," tutur Ichmeralda.   

Selain itu, konsumen yang pernah menjual mobilnya lewat OLX Autos juga berkesempatan mendapatkan Auto Cashback Rp 1,7 Juta dengan cara memberikan testimoni dan membagikannya di akun Facebook dan/atau Instagram masing-masing dengan tagar #auto17an. Lima orang pemenang akan dipilih setiap minggunya berdasarkan isi testimonial paling menarik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini