Sukses

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Lakukan Panggilan Video ke 50 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna WhatsApp akhirnya bisa melakukan panggilan video hingga ke 50 orang. Hal ini dipastikan setelah integrasi antara WhatsApp Web dan Messenger Rooms akhirnya dirilis.

Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah diketahui lewat versi beta beberapa bulan lalu. Namun baru dalam versi WhatsApp Web 2.2031.4 atau yang paling terbaru, fitur tersebut digulirkan.

Dikutip dari Livemint, Senin (3/8/2020), fitur integrasi dengan Messenger Rooms ini hanya dapat diakses melalui versi Web. Karenanya, fitur ini tidak dapat ditemukan pada versi mobile, baik Android dan iOS.

Meski sudah rilis, fitur ini sebenarnya tidak akan menggunakan platform WhatsApp untuk berkomunikasi. Nantinya, pengguna yang ingin melakukan panggilan video hingga 50 orang sekaligus akan tetap dibawa ke layanan Messenger. 

Tombol untuk membuat Rooms dapat diakses dari tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas kolom percakapan. Pengguna akan melihat ikon Rooms yang berada di opsi paling bawah dan tinggal mengkliknya.

Setelah diklik, jendela baru akan dibuka di layar dan pengguna tinggal memasukkan akun Facebook untuk memulai Rooms.

Selain langsung melalui laman chat baik personal maupun grup, pengguna WhatsApp dapat membuat Rooms dengan mengklik tiga titik yang ada di bagian kiri atas layar dan pilih 'Create a room'.

2 dari 4 halaman

Facebook Rilis Messenger Rooms untuk Seluruh Pengguna

Untuk diketahui, Facebook akhirnya merilis fitur video call di Messenger Rooms untuk seluruh pengguna di dunia. Pengguna bisa membuat room atau ruangan untuk menyelenggarakan video call secara gratis dengan jumlah peserta hingga 50 orang dan tanpa batas waktu.

Dikutip dari Messenger News Facebook, Jumat (15/5/2020), room bisa dibuat langsung dari layanan Messenger atau Facebook. Kemudian, pengguna bisa membagikan tautan untuk mengundang siapa pun bergabung, termasuk mereka yang tidak memiliki akun Facebook.

"Anda dapat memulai dan membagikan rooms di Facebook melalui News Feed, Groups, dan Events, sehingga mudah bagi Anda melakukannya kapan pun menginginkannya," demikian keterangan resmi dari Facebook.

Pengguna dapat melihat dan bergabung di dalam room, atau mengeluarkan orang dan menguncinya jika tidak ingin ada orang lain yang bergabung.

3 dari 4 halaman

Cara Pakai

Untuk membuat room, pengguna harus mengunduh versi terbaru aplikasi mobile Facebook dan Messenger dari App Store atau Google Play Store. Selain itu, juga versi terbaru aplikasi Messenger Desktop dari Microsoft Store atau Mac App Store.

Para pengguna Facebook di dunia dapat membuat room dari Messenger. Sementara pengguna di Amerika Utara dapat membuatnya dari Facebook.

Facebook akan terus menambahkan lebih banyak fitur untuk Messenger Rooms dalam beberapa bulan mendatang.

"Kami berharap Messenger Rooms akan membuat orang di mana saja untuk lebih terhubung dengan orang yang mereka cintai, di mana pun mereka berada," ungkap Facebook.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini