Sukses

Rancang Media Pembelajaran Virtual Reality dengan Google Tour Creator

Liputan6.com, Jakarta - Di internet tersedia banyak alat untuk membuat pembelajaran virtual menarik dan salah satunya Google Tour Creator. Ia merupakan produk Google yang memungkinkan kita untuk membuat dan menerbitkan "virtual reality tour".

Siapa pun dapat menggunakan alat ini dan untuk gambar yang dipakai, Google menyediakan banyak templates menarik dan tematik yang mungkin relevan dengan materi pembelajaran guru.

Namun di luar itu, pengguna juga dapat memakai gambar dari Google Street View atau gambar 360 derajat lainya.

Rancang Media Pembelajaran Virtual Reality dengan Google Tour Creator. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Cara menggunakan Google Tour Creator sangat mudah. Pertama, kunjungi halaman https://arvr.google.com/tourcreator/dan klik pada menu Get started.

Anda akan diarahkan ke halaman baru dan di situ, Anda bisa memilih opsi New tour atau Templates seperti tempat terkenal di dunia, anatomi, astronomi, dan lain-lain. Di artikel ini, kami mencoba Templates Solar Sytem atau Tata Surya. 

2 dari 3 halaman

Tata Surya

Jika Anda guru mata pelajaran IPA di sekolah, materi ini mungkin relevan bagi Anda. 

Template Solar System ini sudah menyediakan foto-foto berikut teks ringkas terkait. Misalnya foto pertama sebagai berikut:

Judul

What is the Solar System?

Deskripsi

The solar system is our neighborhood in space. It is a collection of planets and smaller objects, all traveling around a central star, the sun. The solar system is a collection of eight planets, more than 170 moons, dwarf planets, and countless millions of comets and asteroids, all going around the sun.

Tentu, Anda dapat menyunting judul dan deskripsi di atas sesuai kebutuhan Anda. Di foto, setiap objek memiliki satu node (titik) yang jika diklik, ia akan menampilkan teks ringkas terkait.

Jika node yang diklik adalah planet Venus, misalnya, maka ia akan menampilkan deskripsi planet tersebut, yang secara default berbunyi, "The second planet from the sun."

3 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya

Jika Anda selesai merancang materi pembelajaran ini, selanjutnya Anda klik tombol Publish yang terletak di kanan-atas. Anda akan dihadapkan pada dua opsi: Unlisted dan Public.

Pilih Public lalu klik Publish, sehingga siapa pun dapat mengakses media pembelajaran virtual reality yang Anda rancang. Anda dapat memilih menu View Tour untuk melihat hasil akhir media pembelajaran tersebut.

Untuk menyalin tautan yang dapat Anda bagikan kepada siswa, Anda dapat mengklik tombol Copy.

Karena ini adalah virtual reality, maka Anda dapat melihat objek di sana dari berbagai sudut pandang, termasuk jika tanpa kacamata VR sekalipun. Selamat mencoba!