Sukses

Indonesia Games Championship 2020 Jaring 31.442 Peserta

31.442 peserta dan pegiat mobile game dari seluruh wilayah di Indonesia telah mengikuti Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang digelar Telkomsel melalui Dunia Games.

Liputan6.com, Jakarta - 31.442 peserta dan pegiat mobile game dari seluruh wilayah di Indonesia telah mengikuti Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang digelar Telkomsel melalui Dunia Games.

Dunia Games berkomitmen untuk terus bergerak maju mengembangkan industri mobile game yang positif, yang salah satunya diwujudkan melalui penguatan ekosistem esport di Indonesia, termasuk membuka kesempatan bagi pegiat mobile game dalam mengakselerasikan kemampuan dan mempererat hubungan komunitas hingga pelosok negeri.

"Beradaptasi dengan kenormalan baru di masa pandemi ini, Dunia Games juga berkolaborasi dengan Garena dalam merancang agar kompetisi Indonesia Games Championship2020 tetap dapat diselenggarakan secara online," ujar General Manager Games and Publishing Telkomsel Auliya Ilman Fadli melalui keterangan tertulis.

Hal ini, menurut Auliya, dapat "mengakselerasikan perkembangan ekosistem esport secara utuh, sekaligus mendorong para penggiat di dalamnya agar termotivasi untuk terus bergerak maju dalam berkarya dan berkontribusi positif terhadap kemajuan ekosistem esport di Indonesia dalam segala situasi dan kondisi."

Sementara Business Development, Esports Manager di Garena Indonesia Wijaya Nugroho menyatakan pertumbuhan gaming dan Esports di Indonesia dari tahun ke tahun sangat luar biasa.

"Maka dari itu, seluruh pemangku kepentingan perlu menciptakan upaya kolaboratif untuk menjaga pertumbuhan ekosistem esport di Indonesia. Kami akan sangat senang untuk dapat memperluas lingkup kolaborasi kami dengan Telkomsel dan Dunia Games di kemudian hari demi bersama-sama memajukan ekosistem esport di Indonesia."

Sejak berlangsung pada Mei 2020 lalu, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan dua edisi sebelumnya, meski di tengah pandemi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Jumlah Peserta

Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51 persen dibandingkan dengan IGC 201, dan sekitar 190 persen jika dibandingkan dengan awal penyelenggaraannya pada tahun 2018.

Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalama gelaran IGC 2020 dan lebih dari 1.200 di antaranya adalah peserta perempuan yang terbagi ke dalam 300 tim. Selain itu, cakupan wilayah asal peserta di IGC 2020 juga semakin meluas: 457 kabupaten/kota di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Sebaran Peserta per Pulau

Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua & Maluku, serta Bali & Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta.

Wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yaitu sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.

"Tumbuhnya jumlah peserta, keikutsertaan peserta perempuan, serta meluasnya sebaran perwakilan peserta IGC 2020 dari berbagai wilayah di Indonesia ini semakin menambah optimisme Telkomsel dalam melanjutkan komitmen membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia," tutur Auliya melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini