Sukses

WhatsApp Business Hadirkan Fitur QR Code, Katalog, dan Stiker Baru

Pihak WhatsApp menyebut, fitur-fitur ini hadir untuk mempermudah pengguna memulai chat dengan akun bisnis, hingga melihat produk dan layanan yang ditawarkan.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp Business menghadirkan tiga fitur baru untuk memudahkan komunikasi antara pemilik bisnis dengan para konsumen.

"Hari ini kami memperkenalkan fitur-fitur baru untuk membantu lebih dari 50 juta pengguna WhatsApp Business dan ribuan usaha makro pengguna WhatsApp Business API," kata WhatsApp dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (10/7/2020).

Lebih lanjut, pihak WhatsApp menyebut, fitur-fitur ini hadir untuk mempermudah pengguna memulai chat dengan akun bisnis di WhatsApp, hingga melihat produk dan layanan yang ditawarkan.

Berikut ini ketiga fitur yang dimaksud:

1. Chat dengan Akun Bisnis dengan Kode QR

Kode QR memudahkan pengguna untuk memulai chat dengan mudah. Pasalnya, sebelum ada fitur ini, ketika pengguna mau menambahkan kontak akun bisnis, mereka harus mengetikkan nomor secara manual dan menyimpannya.

Kini pengguna hanya perlu memindai Kode QR yang ada di etalase toko, kemasan produk, atau struk pembelian untuk memulai chat dengan sebuah bisnis.

Pihak WhatsApp menyebut, telah menguji fitur Kode QR ini dengan salah satu bisnis di Indonesia, Storage King Bali. Perusahaan unit penyimpanan yang ada di Bali ini hanya tinggal memasang Kode QR di poster, kantor, situs bisnis, dan platform medsosnya.

Bagi konsumen, mereka hanya perlu memindai Kode QR, WhatsApp akan langsung mengarahkan ke halaman chat, baik kosong maupun telah berisi pesan otomatis yang telah disiapkan oleh bisnis tersebut (opsional).

Fitur pesan otomatis ini dapat diatur untuk memudahkan pelanggan memulai percakapan. Selain itu, pesan otomatis, admin akun bisnis juga bisa mengatur pengiriman katalog sebagai salah satu bentuk respon kepada pelanggan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Berbagi Katalog

Fitur kedua adalah Berbagi Katalog. Pasalnya katalog memungkinkan bisnis untuk menampilkan dan membagikan informasi produk atau layanan mereka, untuk meningkatkan penjualan.

Katalog sudah diluncurkan tahun lalu dan jadi salah satu cara paling disukai pengguna untuk berinteraksi dengan konsumen. Bahkan, tiap bulannya ada lebih dari 40 juta pengguna di dunia melihat katalog bisnis melalui WhatsApp.

Kini untuk memudahkan pengguna menemukan produk bisnis, pengguna WhatsApp Business bisa membuat tautan (link) untuk seluruh katalognya maupun per produk.

Link dapat dibagikan di situs bisnis, Facebook, Instagram, dan media lainnya.

3 dari 3 halaman

3. Stiker ‘Bisnis Kami Buka’

Pada kesempatan yang sama, WhatsApp juga meluncurkan paket stiker 'Bisnis Kami Buka' untuk membantu komunikasi antara pemilik bisnis dan konsumen menjadi lebih mudah dan cepat.

Paket stiker 'Bisnis Kami Buka' adalah koleksi unik yang menampilkan desain baru rancangan tim desainer WhatsApp dan koleksi stiker khusus untuk pengguna Indonesia karya dua seniman lokal asal Yogyakarta, TEMPA.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.