Sukses

Saingi TikTok, Google Rilis Aplikasi Video Pendek Tangi untuk Android

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja merilis sebuah aplikasi video pendek bernama Tangi di platform Android. Sebelumnya, Tangi hanyalah sebuah proyek eksperimen Area 120 milik Google Lab.

Mengutip laman Android Community, Rabu (17/6/2020), Tangi adalah kombinasi dari kata TeAch aNd Give.

Aplikasi ini dimaksudkan untuk membuat konten video singkat seperti tutorial memasak, membuat kerajinan, dan hal kreatif lainnya. Mirip seperti aplikasi TikTok. 

Sebelumnya, Tangi tersedia di platform iOS. Namun baru-baru ini hadir untuk pengguna Android melalui toko Google Play Store.

Tangi sendiri adalah platform khusus untuk berbagi video singkat, sepanjang 60 detik atau lebih pendek.

Aplikasi video pendek Tangi sudah tersedia di toko aplikasi Google Play Store (Foto: Android Community)

Google berharap, kehadiran Tangi bisa menginspirasi orang-orang yang senang berkreasi serta konten kreator untuk membagikan dan mengikuti berbagai projek yang diunggah di aplikasi ini.

Kehadiran Tangi bisa dibilang cukup tepat waktu. Apalagi kini banyak orang di dunia harus tetap berada di rumah untuk mempersempit penularan Covid-19.

2 dari 3 halaman

Fitur Try It

Aplikasi Tangi sendiri memiliki fitur bernama Try It. Di mana, pengguna bisa mengunggah video mereka sendiri, dengan mencoba mengikuti apa yang disarankan pengguna lainnya.

Dengan cara ini, konten kreator bisa melihat bagaimana tanggapan dari pengikut tentang video yang sudah diunggah si pembuat konten.

3 dari 3 halaman

Pengguna Dipersilakan Unduh Tangi

Pengguna juga bisa mem-bookmark sebuah video, memberikan tanda suka, dan memberikan komentar.

Kendati begitu, saat ini pengguna biasa belum bisa mengunggah video mereka sendiri, kecuali jika memiliki invitation code.

Namun karena aplikasi Tangi sudah ada di Google Play Store, tak ada salahnya untuk menjajalnya sendiri.

(Tin/Isk)