Sukses

Menyiksa Xiaomi Redmi Note 9 dengan Gim Berat

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi melakukan penjualan perdana Redmi Note 9 hari ini, Rabu (17/6/2020). Smartphone anyar ini hadir dengan dipersenjatai chipset MediaTek Helio G85.

Sebelum dijual perdana, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal kemampuan smartphone ini, terutama dari sisi gaming. Sebab, kemampuan andalan chipset di Redmi Note 9 adalah untuk bermain gim.

 

Skor pengukuran Redmi Note 9 memakai AnTuTu Benchmark. (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Namun sebelumnya, kami juga melakukan pengujian di aplikasi AnTuTu Benchmark terlebih dulu. Hasilnya, skor Redmi Note 9 berada di kisaran 186 ribuan.

Untuk kemampuan gim sendiri, kami sempat mencoba beberapa gim yang tengah populer saat ini, seperti PUBG Mobile, Call of Duty: Mobile, lalu ada Asphalt 9 Legends.

Berdasarkan pengalaman, ketiga gim tersebut dapat berjalan tanpa masalah. Xiaomi juga membekali smartphone ini dengan fitur yang diberi nama Game Turbo.

Melalui fitur ini, pengalaman bermain gim dapat dioptimalkan di Redmi Note 9. Fitur ini tidak hanya menampilkan persentase performa, tapi juga dapat memungkinkan pengguna menyetel notifikasi yang masuk saat bermain gim.

2 dari 3 halaman

Pengalaman Saat Bermain Gim

Saat mencoba gim Call of Duty Mobile, setelan gim otomatis berada di grafis terendah. Saat dicoba membuka pengaturan, opsi grafis yang lebih tinggi memang tidak tersedia.

Pengaturan grafis Call of Duty Mobile di Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Meski tampil dengan grafis yang tidak terlalu spesial, pengalaman bermain tetap mulus. Tidak ada masalah atau lag yang terjadi saat bermain gim ini.

Pengalaman serupa juga terjadi saat kami memainkan PUBG Mobile. Bedanya, kualitas grafis di gim ini masih dapat ditingkatkan menjadi HD dan pengalaman bermain tetap mulus.

Pengaturan grafis PUBG Mobile Redmi Note 9 (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Terakhir untuk Asphalt 9 Legends, kami merasa smartphone ini mampu melibasnya tanpa kendala. Aksi balapan di gim ini mampu ditampilkan secara jelas dan tidak kendala saat memainkannya.

Kendati seluruh gim dapat dimainkan tanpa masalah, salah satu perhatian kami adalah bodinya yang menjadi cukup hangat saat dipakai untuk bermain gim. Padahal, durasi untuk bermain gim kurang dari satu jam.

Kesimpulannya, Redmi Note 9 merupakan smartphone yang dapat diandalkan untuk bermain gim, meski beberapa gim tidak dapat ditampilkan dengan grafis tinggi.

Apalagi ada fitur khusus yang dapat digunakan untuk menunjang pengalaman bermain gim. Karenanya, Redmi Note 9 dapat menjadi pertimbangan bagi kamu yang menginginkan smartphone harga terjangkau untuk bermain gim. 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Redmi Note 9

Redmi Note  mengusung desain layar DotDisplay, yakni berupa punch-hole di sisi kiri atas layar. Perangkat ini memiliki ukuran layar 6,53 inci. 

Smartphone ini memiliki empat kamera belakang dengan konfigurasi serupa Redmi Note 9 Pro, tapi dengan perbedaan resolusi.

Lensa utama smartphone ini beresolusi 48MP, sedangkan lensa lain, masing-masing beresolusi 8MP (ultra-wide), 2MP (macro camera), dan 2MP (depth sensor). Lalu keperluan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 13MP.

Xiaomi membekali perangkat ini dengan baterai 5.020mAh yang juga didukung fitur fast charging. Hanya, daya keluaran fast charging bawaan Redmi Note 9 lebih kecil dari saudaranya, yaitu 18W saja.

Beberapa fitur yang juga disematkan di perangkat ini adalah IR Remote dan headphone jack 3,5mm. Berbeda dari versi Pro, Redmi Note 9 menggunakan pemindai sidik jari di belakang, tepatnya di bawah kamera. 

(Dam/Isk)