Sukses

Pertimbangkan Kondisi Ekonomi, Microsoft Ingin Harga Xbox Series X Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran Xbox Series X disebut belum melenceng dari jadwal. Maksudnya, meski saat ini sedang ada pandemi Covid-19, Microsoft masih berencana untuk meluncurkan konsol anyar tersebut di tahun ini.

Namun Microsoft masih memiliki persoalan lain. Menurut Head of Xbox Brand Phil Spencer kepada BBC, saat ini pihaknya sedang mencari cara untuk membuat Xbox anyar ini dapat dibanderol dengan harga terjangkau.

Alasannya, saat ini kondisi ekonomi masyarakat sedang berada dalam ketidakpastian. Hal itu dapat dilihat jumlah karyawan yang dirumahkan hingga di-PHK di saat seperti ini.

Sementara Xbox bukan merupakan kebutuhan utama, konsol ini hanya bagian hiburan.

"Jadi kami ingin mempertimbangkan tersebut saat meluncurkannya. Bagaimana membuatnya semurah mungkin?" tutur Phil seperti dikutip dari Games Radar, Rabu (10/6/2020).

Oleh sebab itu, Microsoft sedang mempertimbangkan sejumlah opsi bagi pemain yang ingin membeli Xbox Series X. Salah satunya adalah Xbox All Access Program yang memungkinkan pembeli membayar konsol anyar ini melalui skema cicilan.

Dia juga menuturkan, pemain yang masih menunggu waktu membeli konsol ini dapat memanfaatkan platform Smart Delivery. Jadi, gim anyar nantinya masih dapat dimainkan di Xbox One, sebelum konsumen membeli Xbox Series X.

"Strategi kami berpusat pada pemain, bukan konsolnya. Jika tahun ini bukan waktunya membeli Xbox baru, itu tidak apa-apa," tutur Phil.

2 dari 3 halaman

Xbox Series X Punya Kemampuan Main Gim Semua Konsol Lawas Microsoft

Sebagai informasi, Microsoft dijadwalkan akan meluncurkan konsol gim terbarunya, Xbox Series X, pada musim liburan 2020.

Walau masih belom dapat tanggal pasti kapan konsol ini dirilis, sejumlah bocoran tentang kemampuan Xbox Series X ini sudah beredar di internet.

Terkini, Jason Ronald, Direktur Program manajemen untuk Xbox Series X mengunggah informasi tentang konsol generasi mendatang mereka.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (30/5/2020), konsol generasi mendatang milik Microsoft ini mampu memainkan (kompatibel) dengan judul gim Xbox lawas.

"Mulai dari hari pertama diluncurkan, konsol ini kompatibel dengan semua gim yang pernah rilis di empat generasi konsol Xbox sebelumnya, termasuk Xbox, Xbox 360, Xbox One, dan Xbox One X," tulis Jason.

3 dari 3 halaman

Tantangan Main Gim Lawas

Lebih lanjut, Jason menjelaskan tentang tantangan agar konsol baru Microsoft ini memainkan gim-gim lawas.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh tim pengembang konsol Xbox Series X adalah varian arsitektur chip di masing-masing konsol lawas.

Namun berkat chip khusus di Series X, OS Xbox, dan hypervisor hal ini dapat terwujud.

Jason mengklaim, fitur kompatibilitas di Xbox Series X ini sudah diuji coba bermain gim lawas selama 100.000 jam.

Dengan data ini, dapat disimpulkan tim Xbox Series S sudah main ribuan gim di konsol tersebut.

Xbox Series X pertama kali diumumkan pada Desember 2019, dan diprediksi akan meluncur pada musim liburan tahun ini.

(Dam/Why)