Sukses

XL Axiata Gandeng Google Cloud untuk Transformasi Digital

Dengan kerja sama ini, XL Axiata melanjutkan strategi hybrid-cloud dengan Anthos-Google Cloud. Targetnya adalah mengalihkan 70 persen beban kerjanya ke cloud dalam 3 tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menggandeng Google Cloud dalam kemitraan strategis untuk melanjutkan transformasi digitalnya sembari melayani kebutuhan jutaan pelanggan yang menjadi bagian dari ekonomi Indonesia.

Melalui kerja sama ini, XL Axiata melanjutkan strategi hybrid-cloud dengan Anthos-Google Cloud. Targetnya adalah mengalihkan 70 persen beban kerjanya ke layanan cloud dalam tiga tahun ke depan.

Anthos-Google Cloud memungkinkan perusahaan membangun dan mengelola aplikasi berbasis Kubernetes, baik di pusat data lokal, Google Cloud, atau solusi lainnya tanpa dimodifikasi.

Dengan migrasi layanan platform mikro ke Google Cloud, XL Axiata bisa memperluas kapasitas cloud di sumber daya yang dimilikinya, sehingga menjadi lebih ekonomis.

XL Axiata juga berencana untuk menerapkan platform analisis data Google Cloud yang mendukung scalability untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui teknologi berbasis data dan AI (kecerdasan buatan).

Peluncuran region GCP Google Cloud di Jakarta akan memampukan XL Axiata untuk menyimpan, memproses, dan menganalisis data secara real time dan lokal untuk melayani pelanggan lama dan yang baru di Indonesia dengan lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Modernisasi Infrastruktur

Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, XL Axiata berkomitmen melakukan modernisasi infrastruktur demi mengingkatkan bisnis dan mempercepat deployment aplikasi.

"Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami," kata Yessie dalam keterangan tertulis.

Bersama dengan ini, XL Axiata juga mengumumkan telah menjadi partner interkoneksi Google Cloud.

Kemitraan ini akan menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi, layanan cloud, dan peluang digital lebih baik untuk pelanggan, diikuti dengan transfer data yang andal antara kelima pusat data XL Axiata dan jaringan Google.

3 dari 3 halaman

Platform Interkoneksi Partner

Koneksi langsung dari layanan Interkoneksi Partner menjamin terjadinya performa terbaik. Dengan Interkoneksi Partner, trafik antara jaringan lokal dan Google Cloud tidak melewati jaringan internet publik melainkan ke jalur langsung milik XL Axiata. Hal ini dinilai bisa mengurangi jumlah titik rawan terjadinya trafik.

Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie mengatakan, kolaborasi dengan XL Axiata dalam Interkoneksi Partner memungkinkan perusahaan besar atau kecil mendapatkan akses ke konektivitas berkecepatan tinggi demi kenyamanan pelanggan.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.