Sukses

Data Center Ramah Lingkungan Bantu Peluang Tumbuhnya Bisnis Digital

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan pasar digital disertai dengan konektivitas internet yang luas mendorong permintaan penyimpanan data (data center) dan pengelolaan layanan hosting, terutama data center ramah lingkungan.

Untuk itulah, penyedia layanan data center Space DC --yang sebelumnya bernama Polymer Connected-- berkomitmen menumbuhkan pasar data center di Indonesia. Apalagi, mengingat Indonesia merupakan salah satu pasar data center tradisional.

"Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun dalam merancang, membangun, dan mengoperasikan fasilitas di seluruh dunia, Space DC memanfaatkan peluang untuk menciptakan jalan lebih baik bagi pelanggan kami (pelaku bisnis digital)," kata CEO Space DC dalam keterangan, Selasa (19/5/2020).

Space DC mengambil peluang untuk ikut serta meningkatkan pertumbuhan bisnis digital. Pasalnya, di tahun 2025, Indonesia diprediksi mengalami peningkatan migrasi layanan over the top (OTT).

Berbeda dengan data center lainnya, Space DC mengembangkan bisnis menjadi data center yang ramah lingkungan pertama di Indonesia. Inisiatif ini menggunakan gas alam untuk menghasilkan listrik sebagai sumber daya fasilitasnya.

Caranya dengan mendaur ulang limbah panas dari generator gas untuk pendinginan, melalui pendingin serapan.

2 dari 3 halaman

3 Solusi Data Center Ramah Lingkungan

Data center ini menawarkan solusi untuk membantu kebutuhan bisnis pelanggan, yakni:

1. Colocation

Colocation Space DC memungkinkan pelanggan mengatur dan mendukung implementasi data center sesuai kebutuhan perusahaan.

Dalam hal ini, pelanggan bisa menggunakan rak siap pakai pada data center, atau kolokasi di modul jaringan masing-masing.

Solusi ini dianggap cocok bagi organisasi yang ingin membuat situs disaster recovery.

2. Wholesale

Di Space DC, solusi wholesale memberikan fleksibilitas ke perusahaan untuk membangun jejak data center sesuai kebutuhan mereka.

Nantinya, tim Space DC membantu pelanggan merancang model dan melakukan pendampingan untuk memenuhi kebutuhan data center masing-masing.

3 dari 3 halaman

3. Hyperscale

 

Penyedia layanan Cloud Hyperscale saat ini juga sedang memperluas infrastruktur, operasional, dan ketersediaan mereka di seluruh Indonesia.

Fasilitas Hyperscale yang ditawarkan oleh SpaceDC menyediakan lingkungan yang bisa diperluas dan memastikan ada kapasitas untuk berkembang.

Data center juga menjamin infrastruktur yang aman sekaligus efisiensi konektivitas jaringan, sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

"Space DC berkomitmen membantu organisasi bertransformasi secara digital dan memastikan data center andal, kuat, dan efisien," kata Darren.

(Tin/Isk)