Sukses

Google Rilis Aplikasi Read Along untuk Bantu Anak-Anak Belajar dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Anak sekolah merupakan salah satu pihak yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Mereka terpaksa melakukan kegiatan belajar dari rumah demi menekan angka penularan Covid-19.

Guna membantu anak-anak belajar dari rumah, raksasa internet dunia itu merilis aplikasi bernama Read Along by Google. Ia merupakan sebuah aplikasi Android yang membantu anak-anak untuk membaca cerita dan permainan.

Aplikasi ini bekerja dengan cara memberikan umpan balik secara verbal dan visual saat mereka membaca cerita dengan nyaring. Target pengguna dari aplikasi ini adalah anak-anak berusia lima tahun ke atas.

"Read Along menggunakan teknologi pengenalan suara Google untuk membantu mengembangkan keterampilan literasi dan pertama kali diluncurkan di India," ujar Zohair Hyder, Engineering Lead, Read Along dalam keterangan resmi perusahaan.

Read Along, kata Zohair, kini tersedia di lebih dari 180 negara, termasuk di Indonesia. Dia mengatakan perusahaan akan terus meningkatkan kualitas aplikasi ini melalui umpan balik dari keluarga, memperluas pilihan buku, dan menambahkan lebih banyak fitur.

2 dari 3 halaman

Banyak koleksi cerita dan permainan

Zohair menyebut aplikasi Read Along membuat anak-anak terlibat dengan beragam koleksi cerita dan permainan menarik dari seluruh dunia. Selama menggunakan aplikasi ini mereka dapat mengumpulkan bintang dan lencana

"Ini akan memotivasi mereka untuk terus bermain dan membaca," kata Zohair.

Selain itu, orang tua dapat membuat beberapa profil pengguna sekaligus dan memantau perkembangan individu mereka.

"Read Along akan mempersonalisasi pengalaman dengan merekomendasikan tingkat kesulitan yang tepat dari cerita dan permainan berdasarkan performa tingkat membaca mereka," tutur Zohair.

3 dari 3 halaman

Tanpa iklan dan gratis

 

Zohair menuturkan aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi anak-anak sebagai target penggunanya. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan yang lebih menarik lagi adalah aplikasi ini tidak memuat iklan sisipan ataupun pembelian di dalam aplikasi (in-app purchase).

Setelah mengunduh aplikasi Read Along, pengguna bahkan dapat mengakses semua konten di aplikasi ini tanpa koneksi internet. Namun, orang tua dapat sesekali menghubungkannya ke koneksi internet untuk memperbarui kontennya secara berkala.

(Why/Isk)