Sukses

Begini Cara Video Call dan Voice Call di WhatsApp Sampai 8 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi WhatsApp menghadirkan kemampuan baru pada fitur grup video call atau voice call (group call).

Kini, pengguna WhatsApp bisa saling terhubung menggunakan fitur grup video call hingga 8 orang. Bagaimana caranya?

Pertama, pastikan kamu meng-update batas peserta grup video call dengan cara memperbarui aplikasi WhatsApp di smartphone masing-masing ke versi terbaru yang tersedia di iOS dan Android.

Kedua, kamu bisa memulai panggilan video atau suara dengan satu teman.

Ketiga, tambahkan teman untuk ikut bergabung, caranya dengan pililih kontak dan undang teman yang ingin diajak video/voice call bersama-sama.

Keempat, kamu bisa berbicara (video call atau voice call) hingga 8 orang sekaligus di panggilan grup.

Sekadar informasi, kemungkinan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru ini digulirkan secara bertahap. Hal ini karena saat tim Tekno Liputan6.com hendak meng-update aplikasi ke versi terbaru di Google Play Store, masih belum ada update yang dimaksud.

Selain itu, grup video call atau voice call juga belum bisa diakses ketika kami mencobanya.

Jadi, para pengguna disarankan untuk tetap bersabar menunggu update ini ya.

2 dari 4 halaman

Tentang Video Call 8 Orang di WhatsApp

WhatsApp mulai hari ini, Rabu (29/4/2020) secara resmi mengumumkan telah menggandakan jumlah peserta yang dapat melakukan panggilan suara dan video di WhatsApp dari yang sebelumnya hanya empat orang menjadi delapan orang dalam satu panggilan.

WhatsApp mengungkapkan, dalam satu bulan, rata-rata pengguna WhatsApp berbicara melalui panggilan WhatsApp selama lebih dari 15 miliar menit dalam sehari, melampaui hari-hari di masa sebelum pandemi.

Seperti halnya dengan pesan di WhatsApp, semua panggilan tersebut dilindungi dengan enkripsi end-to-end, yang memastikan bahwa hanya kamu dan orang yang berkomunikasi dengan kamu sajalah yang dapat mendengar percakapan.

"Tidak ada orang lain di antara kamu, bahkan WhatsApp sendiri," ucap WhatsApp melalui keterangan tertulisnya kepada Tekno Liputan6.com)

WhatsApp juga berupaya untuk membuat fitur panggilan tersedia, menjangkau sebanyak mungkin pengguna, terutama bagi pengguna perangkat low-end dan berada di lingkungan jaringan yang cenderung lambat.

3 dari 4 halaman

Fitur Hadir Didorong Pembatasan Sosial

Kehadiran fitur ini tidak terlepas dari pembatasan sosial dan karantina masyarakat di seluruh dunia karena penyebaran Covid-19. 

WhatsApp menyebut, belakangan ini masyarakat di seluruh dunia semakin aktif menggunakan fitur panggilan suara dan video (group call) di WhatsApp dibandingkan masa-masa sebelum pandemi Covid-19.

Pasalnya, dengan group call pengguna bisa berbicara dalam grup dengan mudah, terlepas dari jenis ponsel atau jaringan yang digunakan.

Sebelumnya, fitur grup video call hanya bisa dilakukan oleh maksimal empat orang. Namun, WhatsApp kini menambahkan jumlah peserta grup video call menjadi 8 orang. 

(Tin/Isk) 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini