Sukses

Aplikasi PeduliLindungi untuk Lacak Covid-19 Sudah Tersedia untuk Android, Begini Cara Instalnya

Aplikasi PeduliLindungi untuk melacak persebaran Covid-19 sudah bisa diunduh dan diinstal di smartphone Android. Begini cara unduh dan instalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi PeduliLindungi untuk melacak persebaran Covid-19 sudah bisa diunduh dan diinstal di smartphone Android.

Cara mendapatkan aplikasi ini sangat mudah, kamu cukup mengunjungi situs web https://www.pedulilindungi.id/ dan klik kotak biru yang bertuliskan 'Unduh untuk Android'

Setelah proses unduh selesai, buka berkas yang telah diunduh yaitu pedulilindingi.apk.

Jika kamu baru kali pertama mengundug berkas berjenis .apk, kamu akan diminta untuk mengizinkan browser atau file manager mengunduhnya.

Izinkan aksesnya, lalu kembali ke laman proses instalasi. Setelah itu, tekan instal untuk melanjutkan proses instalasi seperti biasa.

Proses instalasi pun sudah selesai dan aplikasi PeduliLindingi siap untuk digunakan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi

Mengutip situs resminya, Minggu (29/3/2020), dijelaskan PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Aplikasi ini melindungi diri kamu, keluarga, dan orang terdekat lainnya, serta menghentikan penyebaran Covid-19 dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian.

Tujuannya, agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Selain tracing (penelusuran), aplikasi ini juga melakukan tracking (pelacakan), dan fencing (mengurung/isolasi). 

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menjadi pihak yang akan memantau pergerakan Covid-19 di aplikasi tersebut. Berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, BNPB, dan operator telekomunikasi.

 

3 dari 3 halaman

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindingi

PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh smartphone kamu dengan Bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

Ketika ada perangkat lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

PeduliLindungi mengklaim sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi pribadi. Data akan disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Data kamu hanya akan diakses bila kamu dalam risiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Jika kamu pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus Covid-19 positif, baik tahu atau pun tidak orangnya, PeduliLindungi membantu petugas kesehatan untuk menghubungi kamu lebih cepat.

Dengan demikian, lebih cepat juga menghentikan penularan Covid-19, sehingga kamu bisa melindungi orang-orang tercinta di sekitar.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.