Sukses

Unggulkan Hasil Foto Malam Hari, Oppo Reno 3 Dirilis Seharga Rp 5,2 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Oppo akhirnya merilis smartphone terbarunya yakni Reno 3. Perangkat ini digadang-gadang menjadi penerus untuk Reno 2F yang dirilis tahun lalu.

Perangkat Reno 3 ini hadir dengan kemampuan fotografi dan videografi mumpuni. Hal ini berkat empat kamera utama yang diusungnya.

Di Indonesia Reno 3 dibanderol seharga Rp 5,2 juta dan bisa dipesan mulai 17 -26 Maret 2020. Pemesan pun bakal mendapatkan speaker bluetooth OASE S3 senilai Rp 1 jutaan.

Sekadar informasi, keempat kamera Reno 3 itu adalah kamera utama 48MP dengan bukaan f1.79, kamera ultra wide angle (119 derajat) 8MP dengan bukaan f2.2, kamera telephoto 13MP dengan bukaan f2.4 dan 5x hybrid optical zoom, dan lensa black and white atau mono 2MP dengan bukaan f2.4.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, kehadiran lensa mono ini membuat kontras hasil foto lebih jelas dengan karakter warna hitam putih lebih kuat ketimbang memakai filter.

Oppo Reno 3 juga memanfaatkan teknologi AI untuk hasil foto lebih baik. "Oppo Reno 3 menggunakan AI processing atau neural processing unit (NPU) untuk memaksimalkan foto malam hari," kata Aryo.

Tidak hanya itu, Aryo mengklaim, hasil jepretan Reno 3 bakal jernih di berbagai kondisi cahaya. Reno 3 juga didukung Ultra Dark Mode yang sebelumnya sudah diperkenalkan di tiap Reno series terdahulu.

2 dari 4 halaman

Ultra Dark Mode

Aryo menjelaskan, saat Reno 3 mengaktifkan Ultra Dark Mode, smartphone akan mengenali cahaya dengan kecerdasan buatan.

"Misalnya hanya ada 1 cahaya lilin, Ultra Dark Mode akan akan secara otomatis, caranya pilih Ultra Night kemudian AI akan melihat kondisi cahayanya," katanya.

Saat mode ini diaktifkan, kamera akan menjepret beberapa foto dengan eksposur cahaya berbeda, kemudian, AI akan menyesuaikan tingkat kecerahan frame dan mengaplikasikan HDR.

Untuk foto di kondisi minim cahaya, kinerja prosesor AI akan mengurangi noise. Makanya, hasil foto malam hari bakal lebih sempurna. "Foto malam hari bisa lebih jernih, jelas, dan tajam," papar Aryo.

Kemampuan kamera lainnya adalah 5x hybrid zoom dengan 20x digital zoom. Teknologi ini sudah diperkenalkan Oppo pada MWC 2017. Aryo mengatakan, kemampuan 2x optical zoom merupakan hasil kerja sama perangkat keras dan lunak. Sementara untuk zoom 5-20x berbentuk digital atau berkat dukungan software.

Untuk kamera selfie pun Oppo tidak main-main. Perusahaan membenamkan kamera depan 44MP dengan dukungan AI untuk kemampuan ultra night selfie.

"Pada aplikasinya, kamera mengambil beberapa foto dan menggabungkan dengan HDR. Namun, ada teknologi face protection yang melindungi wajah dari pemakaian HDR, jadi bagian wajah tetap terlihat natural," jelasnya.

Sedangkan untuk kamera utamanya, meski memiliki lensa 48MP, Reno 3 mampu menghasilkan kualitas foto interpolasi setara 108MP. 

"Cara kerjanya, Reno 3 akan mengambil beberapa frame, tiap-tiap frame akan dilakukan penyesuaian warna, terang dan gelapnya, ketajaman, pada tingkatan sub-pixel, frame ini digabungkan jadi pixel standar, dan dari situ akan interpolasi sub-pixel, hingga memenuhi standar percetakan," kata Aryo. 

 

3 dari 4 halaman

Kemampuan Video

Hal lain yang diunggulkan Reno 3 adalah kemampuan perekaman video berkat fitur Ultra Steady Video. Fitur ini sudah ada di Reno 1 dan 2. Namun di Reno 3, kemampuannya ditingkatkan dengan dukungan penggabungan AI dan sensor giroskop untuk membuat penyesuaian gambar stabil.

Untuk perekaman video mode pro, Reno 3 menggunakan lensa ultra wide 119 derajat.

Reno 3 juga dibekali fitur Video Zoom yang memungkinkan pembesaran hingga 20x digital zoom.

Video yang direkam Reno 3 juga mendukung AI beauty. "AI beauty yang semula hanya diterapkan di foto, pada Reno 3 bisa diterapkan di video," katanya.

 
4 dari 4 halaman

Spesifikasi

Sekadar informasi, Reno 3 mengusung layar super AMOLED seluas 6,4 inci dengan waterdrop notch untuk menempatkan kamera selfie 44MP-nya. Kinerja perangkat ini didukung dengan prosesor MediaTek Helio P90. Prosesor ini dianggap tepat menyokong Reno 3 lantaran kemampuan AI-nya.

Reno 3 hadir di Indonesia dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB yang bisa diperluas menggunakan Micro SD hingga kapasitas 256GB.

Pada perangkat ini terdapat Hidden Fingerprint Unlock 3.0 yang kecepatan pembacaan sidik jarinya diklaim 20 persen lebih cepat ketimbang generasi lalu.

Performanya didukung baterai 4.025mAh dan pengisian daya cepat VOOC 3.0 20 watt, yang mampu mengisi daya 50 persen dalam 30 menit saja.

Selanjutnya, Reno 3 didukung dengan antarmuka ColorOS7 berbasis Android 10. Dengan demikian, Reno 3 mendukung dark mode untuk semua aplikasi.

Di Indonesia, Reno 3 tersedia dalam dua varian warna, yakni Mistery Black dan Sky White.

(Tin/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Microsoft Rilis Peta Interaktif untuk Lacak Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Kemkominfo Gandeng Operator Kampanyekan Waspada Virus Corona