Sukses

Alita dan Facebook Kerja Sama Perluas Jaringan Fiber Optik di Indonesia

PT Alita Praya Mitra (Alita) bekerja sama dengan Facebook Connectivity untuk memperluas pembangunan fiber optik di berbagai wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia infrastruktur, PT Alita Praya Mitra (Alita), bekerja sama dengan Facebook Connectivity untuk memperluas pembangunan fiber optik di berbagai wilayah Indonesia.

Kerja sama ini ditargetkan akan menjangkau total 56 kota/kabupaten di 8 provinsi pada 2021, dan sekaligus sejalan dengan komitmen Facebook menghadirkan layanan internet di berbagai negara, termasuk Indonesia, melalui misi Facebook Connectivity.

Direktur Utama Alita, Teguh Prasetya, mengatakan kerja sama ini membantu Alita untuk membangun fiber optik fase I sepanjang 3.000 km di Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawei. Pembangunan akan dibagi dalam tiga fase dengan target 20 ribu km hingga 2021.

Alita akan sepenuhnya memiliki, membangun, memelihara, dan mengoperasikan jaringan fiber green field, serta menyediakan kapasitas besar untuk operator jaringan seluler jasa internet. Facebook akan memberikan dukungan untuk proses perencanaan jaringan tersebut.

Dalam pembangunan jaringan fiber optik ini, Facebook memberikan bantuan berupa dana, serta teknologi dan ahlinya untuk Alita.

"Dengan tools dari Facebook, pembangunan jaringan ini menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Mereka juga mentransfer teknologinya agar bisa kami gunakan secara gratis," ungkap Teguh dalam acara konferensi pers kerja sama Alita dan Facebook di kawasan Jakarta, Kamis (12/3/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertujuan Pelaku Industri Telekomunikasi

Ilustrasi Kabel Serat Optik, Fiber Optik. Kredit: PDPics via Pixabay

Pembangunan akses fiber optik tersebut, kata Teguh, bertujuan membantu operator, penyedia jasa internet, dan penyedia jasa lainnya dalam memberikan layanan konektivitas kepada masyarakat.

"Kami tidak menggelar jaringan kosong, tapi menghubungkan BTS (Base Transceiver Station) operator. Ketika BTS mereka siap, jaringan kami juga harus siap. Kami sangat bergantung juga ke operator sebagai pengguna kami," jelas Teguh.

Alita saat ini memiliki akses fiber optik sepanjang lebih dari 3.000 km di 40 kota dari 6 provinsi. Wilayah tersebut antara lain Denpasar, Bandung, Cilegon, Cirebon, Malang, Manado, Semarang, Serang, Solo, Surabaya, dan Tegal.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hatari, mengungkapkan kerja sama ini merupakan bentuk misi Facebook membantu pembangunan konektivitas di Indonesia. Facebook Connectivity merupakan inti dari misi Facebook untuk memberikan kekuatan kepada masyarakat membangun komunitas dan mendekatkan dunia.

"Kerja sama ini juga bertujuan membantu aspirasi pemerintah agar konektivitas lebih merata, terutama di wilayah 4G, dan juga di bagian timur Indonesia," tuturnya.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini