Sukses

Microsoft Pastikan Xbox Series X Punya GPU 12 Teraflop

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan informasi lebih detail mengenai Xbox Series X besutannya. Kali ini, informasi yang diungkap adalah kemampuan dari konsol anyar tersebut.

Dikutip dari The Verge, Rabu (26/2/2020), Microsoft memastikan konsol ini memiliki GPU 12 teraflop. Kapasitas ini membuat GPU konsol ini dua kali lebih besar dari Xbox One X dan delapan kali lebih besar dari Xbox One.

Kapasitas yang ditawarkan Xbox Series X ini membuatnya melampaui kemampuan kartu grafis kelas menengah dari AMD dan Nvidia, dan terbilang cukup tinggi untuk konsol gim.

"Xbox Series X menawarkan loncatan dalam pemrosesan dan grafis dengan memanfatkan teknik terbaru untuk menghasilkan framerate lebih tinggi, lebih besar, termasuk pengalaman lebih menyeluruh yang belum ada di konsol gim," tutur Head of Xbox Phil Spencer.

Xbox Series X sendiri akan dibekali dengan CPU kustomisasi berbasis AMD Zen 2 dan arsitektur Radeon RDNA 2. Selain itu, mesin konsol ini juga menggunakan NVMe SSD yang menjanjikan waktu muat gim lebih cepat.

Dari penuturan Phil sebelumnya, konsol ini hadir dengan dukungan gim 8K dan frame rates hingga 120fps. Microsoft mengatakan pihakhya telah bekerja sama dengan HDMI forum dan manufaktur TV untuk mengaktifkan fitur Auto Low Latency Mode (ALLM).

Sebagai tambahan, Xbox Series X turut mendukung fitur yang diberi nama 'quick resume'. Sesuai namanya, pemain dapat melanjutkan permainan beberapa gim secara bergantian dari terakhir kali mereka memainkannya.

2 dari 2 halaman

Bukan Xbox Series X, Ini Nama Konsol Anyar Microsoft Sebenarnya

Meski sudah diperkenalkan ke publik, Microsoft ternyata memiliki nama asli dari konsol ini. Dikutip dari Business Insider, nama konsol gim terbaru ini ternyata hanya bernama "Xbox", bukan Xbox Series X.

"Nama yang ingin kami bawa ke konsol generasi berikutnya hanya Xbox," ucap juru bicara Microsoft kepada Business Insider. "Nama Xbox Series X memungkinkan ruang bebas untuk konsol baru di masa mendatang."

Awalnya, penamaan baru konsol Xbox ini akan sedikit membingungkan bagi beberapa gamer. Namun akan semakin mudah di masa mendatang.

Berbeda dari penamaan PlayStation yang lebih sederhana, Microsoft sering memiliki beberapa varian konsol Xbox dengan setiap peluncuran konsol barunya.

Ambil contoh, penamaan Xbox One X dan Xbox One S yang notabene diluncurkan dalam waktu bersamaan.

Kebingungan gamer akan mudah teratasi hanya dengan memberikan nama numerik yang konvensional. Xbox Series X akan dirilis pada Musim Liburan 2020.

(Dam/Ysl)