Sukses

Virus Corona Sebabkan Stok iPhone SE 2 Terbatas dan Penundaan Rilis iPad Pro Terbaru

Liputan6.com, Jakarta - Ketakutan akan virus corona telah berdampak pada dunia teknologi. Baru-baru ini asosiasi GSMA bahkan membatalkan penyelenggaraan pameran mobile terbesar di dunia Mobile World Congress (MWC) 2020.

Kini, virus corona berdampak juga pada bisnis Apple. Kemarin, perusahaan pembesut iPhone ini mengumumkan sejumlah masalah yang bersumber dari wabah virus corona, salah satunya adalah pendapatannya yang tak mencapai target.

Kini, laporan Nikkei menunjukkan virus corona membuat kekurangan pasokan Apple. Dengan begitu, kemungkinan produksi massal iPhone SE 2 bakal terhambat. Padahal, kehadiran iPhone SE 2 telah ditunggu bertahun-tahun.

Mengutip laman The Next Web, Kamis (20/2/2020), kalaupun iPhone SE 2 berhasil diproduksi tepat waktu, jumlahnya pun bakal sedikit, setidaknya hingga April 2020.

Sebelumnya disebutkan, Apple dijadwalkan merilis iPhone yang terjangkau (iPhone SE 2) sekitar bulan September. Namun kemudian Apple mengumumkan akan merilis iPhone pada 31 Maret 2020.

2 dari 4 halaman

Produksi Massal iPhone SE 2

Mengingat waktu peluncurannya dimajukan, seharusnya, Apple mulai produksi iPhone terjangkau itu pada akhir Februari ini.

Kendati demikian, mewabahnya virus corona di Tiongkok kemungkinan membuat produksi massal tidak akan sesuai target. Bahkan, bisa saja produksi baru dimulai pada Maret 2020.

Apalagi, para pemasok Apple dilaporkan hanya beroperasi 30-50 persen saat ini.

Terhambatnya produksi gara-gara virus corona tak berarti membuat iPhone versi terjangkau (iPhone SE 2) batal dirilis pada bulan depan. Laporan Bloomberg menyebut, peluncuran masih sesuai jadwal.

Sementara itu, iPad Pro yang harusnya diluncurkan pada pertengahan 2020 kemungkinan akan ditunda, masih gara-gara virus corona.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi iPhone SE 2

iPhone SE mengusung desain mirip dengan iPhone 5s. Sementara menurut analis Ming-Chi Kuo dan Bloomberg, iPhone SE 2 akan hadir dengan desain milik iPhone 8.

Selain itu, iPhone terjangkau ini akan mengusung layar 4,7 inci, seperti iPhone 8. Jika benar iPhone SE 2 merupakan turunan dari iPhone 8, kemungkinan perangkat ini hadir dengan tombol Home dan hanya memiliki satu kamera utama.

iPhone SE 2 juga kemungkinan menggunakan chipset Bionic A13. Perangkat ini juga akan dibekali Touch ID, serta punya opsi memori 64GB dan 128GB.

Soal harga, iPhone SE 2 mungkin akan dijual USD 400 atau Rp 5 jutaan di Amerika Serikat.

(Tin/Why)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading