Sukses

Terkait Virus Corona, GSMA Imbau Pengunjung MWC 2020 Tak Berjabat Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu, salah satu gelaran teknologi tahunan terbesar dunia, Mobile World Congress (MWC) 2020 akan berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Namun, kabar tidak sedap menghantui MWC 2020. Hingga artikel ini diterbitkan, setidaknya dua perusahaan batal berpartisipasi di acara ini untuk memamerkan produk dan teknologi terbarunya, yakni LG dan ZTE.

Ketidakhadiran kedua perusahaan itu di MWC 2020 didasari oleh virus corona yang tengah menjadi sorotan dunia. Sebagai penyelenggara, GSM Association (GSMA) menyampaikan komentarnya.

"GSMA menegaskan bahwa virus corona berdampak minimal. MWC Barcelona pada 24-27 Februari akan tetap berlangsung seperti yang direncanakan," kata GSMA dikutip dari keterangan resminya.

2 dari 4 halaman

Upaya

GSMA juga melakukan sejumlah upaya guna memastikan acara akan berjalan lancar.

"GSMA menerapkan banyak langkah untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona dan terus menambahkan tindakan lain secara teratur," tutur GSMA.

Upaya yang dilakukan termasuk peningkatan program pembersihan dan desinfeksi di semua titik kontak volume tinggi di lokasi serta peningkatan petugas medis di lokasi.

Upaya lainnya termasuk menerapkan protokol penggantian mikrofon untuk pembicara, serta menyarankan kepada semua peserta untuk mengadopsi kebijakan tidak berjabat tangan (salaman).

3 dari 4 halaman

LG Absen

Perusahaan Korea Selatan LG Electronics memilih untuk mundur dari MWC 2020 lantaran mewabahnya virus corona.

"Terkait keamanan karyawan dan publik secara umum, LG telah memutuskan untuk menarik diri dari pameran dan partisipasi di MWC 2020 yang akan digelar akhir bulan ini di Barcelona, Spanyol," kata juru bicara LG dalam pernyataannya.

Lebih lanjut disebutkan, keputusan ini bertujuan mencegah risiko paparan ratusan karyawan (dari virus corona).

"Keputusan ini akan mencegah terpaparnya karyawan LG (dari virus corona) akibat perjalanan internasional, seperti yang disarankan oleh sebagian besar pakar kesehatan," kata dia.

Namun, sebagai pengganti partisipasinya dalam MWC, LG akan mengadakan acara terpisah dalam waktu dekat untuk mengumumkan produk mobile terbarunya.

4 dari 4 halaman

ZTE Absen

Mengikuti jejak LG, ZTE juga akan absen dari gelaran ini gara-gara virus corona. Juru bicara perusahaan menyebut, penyebab lainnya ialah masalah praktis seperti penundaan perjalanan dan masalah visa.

Disebutkan pula bahwa karena hambatan visa, beberapa orang dari perusahaan tidak akan tiba di Barcelona pada waktunya.

Selain itu, kasus xenophobia terhadap warga Tiongkok yang menyertai wabah virus corona saat ini juga berperan dalam keputusan ini.

"Kami cenderung menjadi perusahaan yang sangat sopan dan tidak ingin membuat orang jadi tidak nyaman," kata perwakilan perusahaan.

Tahun lalu, ZTE berpartisipasi di MWC dan memperkenalkan sebuah smartphone 5G pertama mereka.

(Why/Isk)