Sukses

Tips dan Trik Keyboard iPhone Ini Wajib Kamu Ketahui

Berikut ini tips dan trik yang patut kamu ketahui tentang keyboard bawaan di iPhone ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan pengguna smartphone, mengetik teks menggunakan keyboard virtual dengan ukuran layar iPhone yang mungil memang cukup menantang.

Alhasil, kamu pasti seringkali salah ketik atau kalimat (sering typo). Apalagi saat sedang terburu-buru untuk membalas pesan dari atasan atau teman.

Meski banyak pengguna memiliki pengalaman yang berbeda-beda saat mengetik teks di iPhone, kamu dapat membuat pesan, email, dan tweet lebih akurat dan menarik menggunakan keyboard bawaan ketimbang buatan pihak ketiga.

Dikutip dari Digital Trends, Rabu (29/1/2020), berikut ini tips dan trik yang patut kamu ketahui tentang keyboard bawaan di iPhone ini.

1. Ubah Tampilan Font

Dengan update-an iOS 13, kamu bisa mengunduh dan meng-install berbagai macam font untuk membuat teks terlihat unik saat berkirim pesan.

Berbekal font yang lebih beragam, dokumen kamu pun bisa tampak lebih modern, formal, atau lebih ceria ketimbang dari biasanya.

Bagi pemilik iOS dan iPadOS, kamu dapat menginstal font ini dengan men-download aplikasi font, seperti Fonteer dan Font Diner dari App Store.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tap dan Hold

Ilustrasi iPhone (Sumber: Apple)

Kalau kamu tap (pilih) dan hold (tahan) huruf-huruf tertentu di keyboard, maka akan muncul serangkaian karakter abjad alternatif.

Saat memilih emoji di keyboard, kamu akan mendapatkan berbagai alternatif warna kulit dan bisa dipilih sebagai emoji default.

3. Pakai Tangan Dominan

Ada saatnya dimana kamu akan terlalu repot mengetik keyboard menggunakan kedua tangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat mengubah pengaturan keyboard di iPhone sehingga bisa dipakai hanya menggunakan satu tangan saja (kiri atau kanan).

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu tap ikon panah kecil untuk akses pengaturan keyboard dengan panah kecil (di sisi kanan atau kiri) yang menunjukkan lokasi keyboard berada.

 

3 dari 3 halaman

4. Ubah Suara ke Teks

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Fitur ini menyediakan sebuah kemampuan yang dapat mengubah suara pengguna menjadi teks. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa membuka menu Settings> General > Keyboard dan aktifkan opsi "Enable Dictation."

5. Sembunyikan Keyboard

Ketika membuka dokumen, seringkali bentuk keyboard yang memakan tempat hampir setengah dari layar iPhone.

Jika merasa terganggu, kamu dapat menyembunyikan keyboard tersebut dengan swipe-nya ke bawah layar.

(Fitriah Nurul/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.