Sukses

Cara Mengatur dan Hapus Aplikasi Bawaan di Smartphone Android

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengaktifkan smartphone Android yang baru saja kamu beli, tentunya banyak aplikasi bawaan (default) untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Namun demikian, tak semua aplikasi bawaan di Android tersebut memiliki fungsi yang lebih baik dari aplikasi pihak ketiga.

Asal kamu tahu, aplikasi default yang jarang digunakan tersebut hanya akan membuat sesak memori di smartphone. Ujung-ujungnya smartphone kamu jadi lemot.

Kondisi lainnya adalah apabila kamu memiliki lebih dari satu aplikasi yang memiliki fungsi sama, kamu dapat memilih aplikasi Android mana yang akan digunakan secara default.

Misalnya, jika kamu memiliki beberapa aplikasi pengeditan foto, kamu dapat memilih mana yang akan digunakan untuk membuka foto.

Penasaran bagaimana cara menghapus dan mengatur aplikasi bawaan atau default di smartphone Android? Yuk, cari tahu caranya di bawah ini.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Intip Caranya di Sini

Sebagai catatan, beberapa langkah ini hanya berfungsi di Android 9 dan di atasnya. Demikian seperti dikutip dari laman Dukungan Google, Kamis (26/12/2019).

1. Buka menu Pengaturan (Settings).

2. Pilih Aplikasi & pemberitahuan (Apps & notifications).

3. Ketuk aplikasi yang tidak lagi kamu inginkan sebagai default. Jika kamu tidak menemukannya, ketuk Lihat Semua Aplikasi atau Info Aplikasi (See All Apps atau App Info).

 

3 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya

4. Lalu, pilih Advanced dan Buka secara default, lalu Hapus default. Jika kamu tidak menemukan 'Advanced', ketuk Buka secara default dan kemudian Hapus default.

5. Setelah menghapus default, ketika kamu mengambil langkah itu lagi, smartphone akan menanyakan aplikasi mana yang akan digunakan.

(Isk/Why)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.