Sukses

Google Doodle Semarakkan Hari Ibu di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali menyemarakkan salah satu hari peringatan penting di Indonesia lewat doodle di laman utama pencarian.

Pada hari ini, Minggu (22/12/2019), raksasa mesin pencari tersebut ikut memeriahkan peringatan Hari Ibu via tampilan animasi singkat Google Doodle.

Dalam animasi yang berdurasi singkat itu, Google memperlihatkan bagaimana penting peran seorang ibu, yang kali ini digambarkan oleh keluarga bebek.

Diperlihatkan, bagaimana sang ibu bebek selalu menjaga anak-anaknya tetap aman dari berbagai macam hal. Lewat animasi tersebut seolah Google ingin menggambarkan peran seorang ibu begitu penting, tak peduli itu manusia maupun hewan sekalipun.

Sosok ibu siap menjadi pelindung anaknya, mengurus anak-anaknya, bahkan menjadi teman bermain anak-anaknya. Sama seperti penggambaran di Google Doodle hari ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Hari Ibu di Indonesia

ilustrasi Hari Ibu/copyright Shutterstock

Untuk Indonesia sendiri, Hari Ibu diperingati secara nasional pada tanggal 22 Desember tiap tahunnya. Peringatan ini diresmikan langsung oleh Presiden Sukarno lewat Dekrit Presiden No. 316 tahun 1953 saat ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Awalnya, 22 Desember dipilih sebagai Hari Ibu Nasional untuk memperingati semangat wanita Indonesia sekaligus meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara untuk para wanita yang ketika itu menyelenggarakan kongres.

Namun, akhirnya Hari Ibu Nasional diperingati tidak hanya sebagai peringatan semangat wanita Indonesia, tapi juga pengingat peran wanita dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, termasuk kaum ibu. Dan, di masa sekarang ini Hari Ibu diperingati dengan makna lebih luas.

Saat ini, Hari Ibu tidak lagi sekadar memperingati peran wanita sebagai seorang ibu, tapi juga memberikan apresiasi terhadap peran wanita di berbagai bidang. Jadi, sudah memberikan ucapan selamat kepada ibu dan sosok wanita panutan kamu hari ini?

(Ysl/Isk)