Sukses

Cek Lagu dan Musisi Favorit di Spotify Wrapped 2019

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial mulai diramaikan dengan tren unggahan berisi daftar lagu dan musisi yang didengar di Spotify selama setahun terakhir. Tren ini tidak lepas dari fitur Spotify Wrapped.

Spotify Wrapped merupakan fitur rutin yang dirilis aplikasi streaming musik itu untuk para penggunanya setiap menjelang akhir tahun. Sesuai namanya, fitur ini merangkum daftar lagu dan musisi yang didengarkan pengguna selama satu tahun.

Tak berbeda, tahun ini Spotify Wrapped kini sudah dapat diakses oleh para pengguna. Namun yang menjadi pembeda, kali ini layanan asal Swedia itu turut merangkum daftar lagu yang didengarkan dalam kurun waktu satu dekade terakhir.

Jadi, dalam fitur yang dikenal sebagai 'Kilas Balik' di Indonesia, pengguna dapat menemukan lagu, album, artis, dan podcast yang paling sering didengarkan sepanjang 2019 dan dalam satu dekade ini.

Lewat keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (6/12/2019), pengguna di Indonesia kini juga sudah bisa mengakses fitur tersebut. Kamu tinggal mengunjungi laman Spotify Wrapped atau masuk ke aplikasi Spotify untuk mengetahuinya.

Nantinya, pengguna dapat mengetahui artis, lagu, podcast, termasuk genre teratas yang didengarkan, hingga waktu streaming sepanjang 2019. Tahun ini, Spotify menambah pula daftar podcast dan asal negara lagu yang didengarkan.

2 dari 3 halaman

Berbagi Spotify Wrapped di Media Sosial

Sementara fitur 'My Decade Wrapped' akan ditampilkan kepada pengguna aplikasi yang sudah memakainya minimal dua tahun terakhir. Spotify juga dapat menampilkan daftar artis dan lagu yang paling sering diputar setiap tahun.

Tidak hanya itu, pengguna Spotify Premium bahkan berkesempatan menggali data lebih dalam lagi, seperti jumlah artis yang mereka temukan dan gemari di tahun ini.

Seperti sebelumnya, pengguna layanan Spotify gratis maupun premium dapat membagi daftar Wrapped ini di Instagram, Twitter, Snapchat, dan Facebook. Spotify juga akan membuat playlist lagu yang dipersonalisasi sebagai rangkuman tahun ini.

3 dari 3 halaman

Pengguna Spotify Bakal Dapat Notifikasi dari Artis

Sebelumnya, Spotify sedang bersiap merilis fitur baru untuk pengguna layanan premium dan gratis. Para artis akan bisa mengirimkan pemberitahuan kepada para pengguna tentang peluncuran musik baru mereka.

Dilansir Phone Arena, Jumat (25/10/2019), album baru para penyanyi tersebut akan dipersonalisasikan oleh Spotify berdasarkan selera pengguna, juga dikombinasikan dengan kurasi manusia. Perusahaan kini sedang menjalankan pengujian di Amerika Serikat (AS).

Artis bisa terhubung dengan para penggemar mereka, tapi tidak secara gratis. Selama proses pengujian, tim artis harus membayar biaya sponsor untuk rekomendasi tersebut.

Kemudian, rekomendasi tersebut akan muncul secara pop-up di aplikasi mobile Spotify, baik pada pengguna layanan premium ataupun gratis.

Menurut keterangan Spotify, rekomendasi itu akan disesuaikan agar sesuai dengan selera musik pengguna. Artinya, seseorang hanya akan mendapatkan notifikasi dari artis yang lagunya sering didengar atau diikuti.

Spotify mengungkapkan hanya pengguna premium yang bisa menonaktifkan notifikasi tersebut. Dengan demikian, pengguna layanan gratis akan tetap menerima notifikasi, meski tidak menginginkannya.

(Dam/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Spotify Uji Coba Fitur Stories untuk Influencer
Artikel Selanjutnya
Spotify Sediakan Playlist untuk Hewan Peliharaan