Sukses

Orang Indonesia Makin Cerdas Saat Belanja Online

Liputan6.com, Jakarta UC Browser mengumumkan wawasan dan laporan tren belanja online 2019. Laporan ini dibuat berdasarkan aktivitas pengguna dari 5-11 November 2019 di UC Shopping Festival.

Pada kampanye shopping festival lalu, UC Browser berkolaborasi dengan Lazada untuk mengadakan berbagai aktivitas in-app sebagai bentuk inovasi belanja dengan pengalaman yang menyenangkan dan menarik.

Sebanyak lebih dari 4.500.000 pengguna UC merayakan 11.11 Shopping Festival dengan mengikuti berbagai kegiatan belanja online dalam aplikasi.

Salah satu poin penting dari laporan ini adalah setidaknya lebih dari 4.000 artikel telah diproduksi di Shopping Channel, dengan artikel yang paling banyak dibaca mulai dari ulasan produk kosmetik, fashion, olahraga hingga smartphone.

Data ini menunjukkan bahwa pengguna menjadi lebih cerdas sebelum membeli suatu produk, dan mereka membutuhkan informasi yang dapat meyakinkan mereka sebelum melakukan pembelian. Kebutuhan akan informasi inilah yang membantu dan memudahkan pengguna sebelum mereka berbelanja.

Laporan ini juga mencatat temuan menarik lainnya yakni adanya lima produk yang ditawarkan telah memberikan 1,8 juta impresi. Demikian sebagaimana dikutip dari siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Jumat (29/11/2019).

Dalam laporan tren belanja online 11.11 lalu juga mencatat bahwa game Lucky Stars telah diikuti lebih dari 300.000 pengguna, dan lebih dari 1 juta pengguna telah mengikuti gim “Terus Bagikan… Biar Dapat Gratisan”.

Dengan jumlah partisipasi tersebut, banyak voucher Lazada senilai lebih dari Rp 6 miliar telah didistribusikan ke pengguna UC.

 

2 dari 3 halaman

Wawasan Bagi Marketers

Laporan ini juga memberikan wawasan menarik bagi marketers, di mana ada 4,5 juta pengguna yang merayakan UC 11.11 Shopping Festival dan 5 produk yang ditawarkan memberikan 1,8 juta total impresi, dengan Redmi Note 7 menjadi item paling populer.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa aktivitas in-app menjadi salah satu contoh saluran pemasaran kreatif saat ini.

"Online shopping merupakan gaya hidup yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Dengan dipublikasikannya laporan tren belanja online ini, kami ingin berbagi wawasan menarik bukan hanya bagi pengguna, tapi juga bagi marketers dan klien," kata Huaiyuan Yang, Vice President, UC Web Global Business, Alibaba Innovation Initiatives Business Group.

Ia menuturkan interaksi antara pengguna dan produk yang diinginkan dapat dilihat dari hasil laporan ini, di mana aktivitas in-app memungkinkan pelanggan dan brand mendapatkan nilai tambah sehingga akan mendorong lebih jauh lagi pemasaran kreatif.

"Laporan ini juga menjadi masukan bagi kami, brands, dan platform e-commerce untuk mempromosikan online shopping di Indonesia dan memperkaya kebutuhan digital pengguna dalam satu platform,” ucapnya menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

UC 11.11 Shopping Festival Diikuti 25 Juta Pengguna

UC 11.11 Shopping Festival juga diadakan di empat negara lainnya yaitu India, Thailand, Russia, dan Vietnam. Secara keseluruhan, festival belanja ini diikuti oleh lebih dari 25 juta pengguna dan menghasilkan lebih dari 1 miliar impresi untuk konten festival belanja 11.11.

Inovasi belanja 11.11 dengan dukungan konten yang kuat merupakan wujud nyata komitmen UC untuk terus membangun ekosistem digital sekaligus memberikan beragam nilai tambah bagi pelanggan, sehingga pengguna bisa menikmati manfaat dari perkembangan teknologi digital.

Kolaborasi UC dengan Lazada melalui aktivitas in-app bisa menjadi contoh sukses yang dapat dimanfaatkan oleh para brands dan platform e-commerce lainnya untuk mendorong pemasaran kreatif dengan menempatkan kebutuhan dan kepuasan pelanggan di garda depan komunikasi mereka dengan pelanggan.

(Isk/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Rela Begadang dan 3 Fakta Menarik Seputar Harbolnas 12.12
Artikel Selanjutnya
Harbolnas Kembali Digelar, Simak Dulu Tips Belanja Online Ini