Sukses

Huawei Mulai Bagikan EMUI 10 untuk Nova 5T

Liputan6.com, Jakarta - Huawei akhirnya secara bertahap mulai menggulirkan EMUI 10 berbasis Android 10 untuk perangkatnya. Setelah Huawei P30 dan Mate 20, Huawei kini mulai merilis EMUI 10 untuk Nova 5T.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (21/11/2019), update EMUI 10 yang digulirkan ini bukan versi beta, melainkan versi stabil. Selain itu, pembaruan ini akan dilepas ke seluruh dunia, tidak terbatas di beberapa wilayah saja.

Pembaruan yang hadir dengan ukuran 4,5GB ini memiliki sejumlah fitur anyar, termasuk tampilan antarmuka yang berubah. Karenanya, bagi kamu pengguna Nova 5T perlu menyiapkan memori dengan kapasitas sebesar itu.

Namun mengingat EMUI 10ini baru rilis, ada kemungkinan tidak seluruh pengguna akan mendapatkannya bersamaan. Ada kemungkinan pembaruan ini akan digulirkan bertahap dalam beberapa hari ke depan.

Untuk mengetahui apakah pembaruan EMUI 10 sudah tersedia, kamu dapat mengeceknya langsung. Jadi, kamu dapat membuka aplikasi Settings, pilih System dan Software update, lalu Check for Updates.

Sebelumnya, seperti Dilansir GSM Arena, EMUI 10 versi 10.0.0.154 (C432E7R1P5) sudah bisa didapatkan oleh para pemilik Mate 20 Pro di Eropa.

Para pengguna di Republik Bosnia dan Herzegovina sudah mendapatkan pembaruan EMUI 10 tersebut, dan kemungkinan juga di negara-negara lain.

2 dari 3 halaman

Huawei Umumkan Jadwal Rilis EMUI 10 Berbasis Android 10

Untuk tahun depan, Android 10 akan menyambangi P30 Lite, seri P20, dan seri Mate 10. Menurut jadwal, pembaruan akan dilepas pada Maret 2020.

Lantas, pada kuartal kedua 2020, EMUI 10 akan hadir untuk model seri lain yang belum diungkap kepastiannya oleh Huawei hingga saat ini.

3 dari 3 halaman

EMUI 10 Versi Beta Meluncur

Perlu diketahui, EMUI 10 versi beta sebenarnya baru saja meluncur. Menurut Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei Consumer Business Group, James Lu, EMUI 10 hadir dengan sejumlah peningkatan dari versi sebelumnya.

James mengatakan setidaknya ada tiga peningkatan yang dilakukan Huawei untuk EMUI 10, mulai dari sisi desain, performa, hingga perangkat.

"Untuk EMUI 10, kami mengadopsi prinsip-prinsip desain di majalah, seperti headline yang lebih lapang, ruang antar baris yang dibuat lebih lenggang," tutur James menjelaskan.

Selain itu, bentuk ikon aplikasi di EMUI 10 dibuat lebih seragam, tidak seperti sekarang yang masih berbeda-beda. Huawei juga menerapkan palet warna dari Giorgio Morandi.

Lewat EMUI 10, Huawei juga memungkinkan pengguna untuk mengakses smartphone-nya langsung dari PC. Jadi, pengguna dapat mengakses termasuk mengoperasikan smartphone lewat PC berbasis Windows.

"Namun untuk fitur ini, belum dapat dipastikan kehadirannya. Adapun fitur ini hanya mendukung sejumlah smartphone Huawei dengan Huawei Mate Book," ujar James.

Terakhir, dari sisi performa, EMUI 10 dipastikan menawarkan pengalaman lebih gesit, tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna. 

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Smartphone 5G Sumbang 5 Persen untuk Segmen Premium Per Q3 2019
Artikel Selanjutnya
Huawei Akan Pindahkan Fasilitas Riset ke Kanada