Sukses

Cara Aktifkan Fitur Sidik Jari WhatsApp di Android dan iOS

Bagaimana cara mengaktifkan fitur sidik jari di WhatsApp pada smartphone Android dan iOS? Yuk, cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja menggulirkan fitur keamanan sidik jari untuk Android, di mana sebelumnya fitur ini sudah lebih dulu mampir di iOS pada awal 2019.

Dengan mengaktifkan fitur ini, artinya kamu harus menggunakan sidik jari untuk membuka kunci aplikasi. Hal ini berlaku bahkan setelah kamu membuka kunci smartphone.

Pembaruan ini sendiri belum tersedia di semua negara, tetapi saat Tekno Liputan6.com memperbarui aplikasi WhatsApp, kami dapat menggunakan fitur ini.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur sidik jari di WhatsApp pada smartphone Android dan iOS? Berikut ini caranya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Untuk Android

Cukup buka menu Setting, lalu pilih Account. Setelah itu, buka opsi Privacy dan pada bagian bawah kamu akan menemukan Fingerprint Unlock.

Kamu bisa memilih berapa lama aplikasi akan terkunci setelah smartphone didiamkan.

Kunci sidik jari bisa diterapkan sesegera mungkin (immediately), setelah 1 menit, dan maksimal setelah 30 menit.

Ada juga opsi toggle untuk mencegah konten di dalam pesan terlihat di notifikasi.

 

3 dari 4 halaman

Untuk iOS

Sama seperti di Android, di iOS kamu cukup buka menu Setting, lalu pilih Account. Selanjutnya, pilih Privacy dan gulir ke bawah untuk memilih Screen Lock.

Jika iPhone kamu memiliki fitur Face ID, wajah kamu akan membuka kunci obrolan, sementara Touch ID diaktifkan untuk membuka aplikasi.

Dari menu Screen Lock, pilih berapa lama WhatsApp akan terkunci. Fitur sidik jari bisa diterapkan pada intervel 1, 15, atau 60 menit.

Pun demikian, kamu dapat memilih immediately karena mudah untuk masuk dengan wajah atau sidik jari.

Sekarang, setiap kali kamu ingin membuka kunci aplikasi, tinggal sentuh sensor sidik jari.

 

4 dari 4 halaman

Belum ada Penguncian dengan Wajah di Android

Informasi mengenai kehadiran fitur ini di Android dilaporkan pertama kali oleh blog WABetaInfo. Fitur ini telah hadir pada versi beta sejak Agustus lalu.

Mengutip laman The Verge, Jumat (1/11/2019), fitur keamanan biometrik yang ada di iOS meliputi dukungan TouchID dan FaceID.

Sementara untuk Android sepertinya terbatas hanya pada pengamanan dengan sidik jari. Pasalnya, belum ada pengumuman mengenai fitur keamanan face unlock pada WhatsApp di Android.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.