Sukses

Harmony OS Berpotensi Raih Pangsa Pasar Terbesar Kelima di Dunia pada 2020

Liputan6.com, Jakarta - Pertengahan tahun ini, Huawei meluncurkan sistem operasi yang digadang-gadang menjadi pengganti Android, yakni Harmony OS.

Kehadiran Harmony OS tak terbatas pada smartphone, tetapi juga berbagai jenis perangkat, termasuk produk smart home.

Kini laporan terbaru mengklaim pangsa pasar sistem operasi Harmony bakal mencapai angka 2 persen pada tahun depan.

Mengutip Gizmochina, Selasa (15/10/2019), dengan capaian tersebut, Harmony OS diharapkan menjadi sistem operasi terbesar kelima di dunia, melampaui Linux.

Bahkan, lembaga riset pasar Counterpoint menyebut, pangsa pasar OS Harmony di Tiongkok akan mencapai 0,1 persen pada akhir tahun ini. Kemudian, mencapai 5 persen pada tahun depan.

Sekadar informasi, kini Android menjadi sistem operasi terbesar di dunia dengan pangsa pasar 39 persen. Di tempat berikutnya, sistem operasi milik Microsoft, yakni Windows, menempati urutan kedua dengan pangsa pasar 35 persen.

2 dari 3 halaman

Tentang Harmony OS

Ketiga, iOS milik Apple memiliki pangsa pasar 13,87 persen. Sementara, sistem operasi Mac mendapatkan pangsa pasar sebesar 5,92 persen.

Linux kini berada di urutan kelima sebagai sistem operasi paling banyak dipakai di dunia dengan pangsa pasar 0,77 persen.

Diumumkan tahun lalu, OS Harmony digadang-gadang mampu mendukung berbagai aplikasi seperti Android, Linux, dan HTML5 di masa depan.

Sistem operasi baru ini memakai Huawei ARK compiler dan akan mendukung bahasa pemrograman Kotlin, Java, Javascript, C, dan C++.

Sistem operasi ini juga akan memiliki sertifikat eksekusi terpercaya yang diverifikasi untuk keamanan dan konektivitas lebih baik di beberapa perangkat.

3 dari 3 halaman

Rencana Strategis Harmony OS

Huawei sebelumnya menyebut, pihaknya mulai mengembangkan sistem operasi Harmony sejak 2017. Kini, sistem operasi ini telah memasuki versi Harmony 1.0. Versi 2.0 dijadwalkan untuk rilis tahun depan. Kemudian, versi 3.0 rencananya akan rilis pada 2021.

Harmony juga dirancang untuk bisa dipakai di PC pada tahun depan dan di headset VR pada 2022.

Sekadar informasi, sistem operasi Harmony telah diaplikasikan pada perangkat perusahaan, pertama adalah TV pintar, yakni Honor TV dan Huawei Smart TV.

Meski begitu, perusahaan mengonfirmasi belum ada rencana untuk merilis smartphone dengan Harmony OS tahun ini.

Baru-baru ini, dalam sebuah wawancara dengan Fortune Magazine, CEO Huawei Ren Zhengfei mengklaim sistem operasi ini akan mampu bersaing dengan iOS milik Apple dalam waktu 2 tahun ke depan.

(Tin/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Huawei Bakal Rilis Serangkaian Perangkat HarmonyOS Tahun Depan