Sukses

Microsoft Rilis Smartphone Android Dual Layar Surface Duo

Peluncuran Microsoft Surface dilakukan beberapa tahun setelah perusahaan memutuskan untuk keluar dari industri smartphone, setelah kegagalan Windows 10 Mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft merilis produk barunya yang tergabung dalam lini Microsoft Surface.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan software dunia ini menghadirkan sejumlah produk Surface sekaligus. Produk-produk yang dirilis antara lain adalah Surface Pro 7, Surface Earbuds, dan Surface Laptop.

Namun, yang paling dinanti-nanti tentunya adalah sebuah perangkat mobile dengan dua layar, Surface Duo.

Peluncuran perangkat ini dilakukan beberapa tahun setelah perusahaan memutuskan untuk keluar dari industri smartphone, setelah kegagalan Windows 10 Mobile. Kini, tampaknya Microsoft sudah siap bangkit dengan Surface Duo.

Mengutip Phone Arena, Kamis (3/10/2019), perusahaan enggan menyebut perangkat ini sebagai sebuah ponsel layaknya smartphone lain di pasaran.

Alih-alih smartphone lipat, Microsoft malah membuat kategori baru dalam perangkat mobile, yakni dengan kelahiran perangkat berlayar ganda.

Lantas, seperti apa bentuknya? Surface Duo menggunakan konstruksi aluminium dengan dua lempengan kaca sebagai layar di bagian depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masing-Masing Layar 5,6 Inci

Masing-masing layarnya memiliki ukuran 5,6 inci. Namun, smartphone dua layar itu disebut-sebut memiliki bezel yang agak tebal.

Pada perangkat, terdapat speaker in-ear untuk melakukan panggilan telepon. Tidak lupa, ada kamera selfie serta engsel penghubung 360 derajat yang membuatnya bisa dipakai dalam beberapa bentuk.

Ketika layar dibuka, tampilannya mirip dengan sebuah tablet. Pengguna Surface Duo bisa mempergunakan kedua layar tersebut sebagai sebuah panel layar besar.

Namun, ketika pengguna ingin membuka dua jendela berbeda, kedua layarnya bisa dipakai secara terpisah.

Misalnya, di salah satu layar pengguna bisa meng-edit dokumen Word, kemudian di layar lain mereka bisa menonton video YouTube atau browsing.

Microsoft Surface Duo juga bisa dipakai untuk menelepon. Untuk mempermudah, engsel 360 derajat pada Surface Duo bisa dibuka, kemudian layar kiri tidak akan aktif.

3 dari 4 halaman

Android Pertama Microsoft

Microsoft tampaknya sudah belajar bahwa pengguna tak begitu tertarik dengan smartphone dengan OS Windows.

Oleh karenanya, perusahaan raksasa itu bekerja sama dengan Google untuk memboyong OS Android ke perangkat mereka. Nah, Surface Duo ini jadi perangkat pertama Microsoft yang menjalankan OS Android.

Microsoft melakukan beberapa penyesuaian visual terhadap Android di Surface Duo dan tetap menginstal berbagai aplikasi Office-nya.

Sekadar informasi, Surface Duo menggunakan prosesor Snapdragon 855 milik Qualcomm, namun bisa di-upgrade ke versi yang lebih baik nantinya saat dirilis untuk konsumen.

4 dari 4 halaman

Harganya?

Meski sudah diumumkan, jangan berharap smartphone layar ganda ini bisa dibeli dalam waktu dekat.

Pasalnya Surface Duo baru bisa dibeli pada tahun depan, bertepatan dengan momen Holiday 2020 season.

Kendati begitu Microsoft bakal terus mengembangkan Surface Duo mereka dalam 12 bulan ke depan. Rencananya, versi final perangkat ini bakal dirilis untuk konsumen pada Oktober tahun depan.

Soal harganya pun masih belum diumumkan. Tampaknya harga smartphone ini tak akan murah, bakal lebih dari USD 1.000 atau lebih dari Rp 14 jutaan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.