Sukses

Review Realme 5, Smartphone Empat Kamera Rp 2 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Geliat pasar smartphone kelas bawah, entry level, atau harga terjangkau--apapun sebutannya--di Indonesia memang masih menjadi lahan 'basah' bagi vendor perangkat.

Beragam merek smartphone buatan vendor pun disambut oleh pengguna di Tanah Air. Dengan beragam perangkat yang meluncur di pasaran, masyarakat pun dapat memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Nah, salah satu vendor smartphone yang getol meluncurkan perangkat pintar dengan harga terjangkau dan hardware mumpuni adalah Realme.

Terkini, perusahaan asal Tiongkok tersebut baru saja meluncurkan lini smartphone teranyarnya, yakni Realme 5.

Hadir sebagai seri penerus Realme 3, Realme 5 dijual dengan harga Rp 1,9 jutaan (3GB+32GB), Rp 2,2jutaan (3GB+64GB), dan Rp 2,7 jutaan (4GB+128GB).

Dengan kisaran harga tersebut, smartphone ini menawarkan pengaturan empat kamera (quad-camera), prosesor yang mumpuni, dan baterai 5.000 mAH.

Penasaran seperti apa kinerjanya? Berikut ini adalah ulasan singkat Realme 5.

 

 

2 dari 6 halaman

Desain

Tampak kiri samping Realme 5. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Berbicara tentang desain, bodi Realme 5 terbuat dari bahan plastik polikarbonat--sama seperti seri Realme sebelumnya.

Meski terlihat menarik dibalut warna ungu glossy dengan desain warna gradien untuk bodi belakang.

Menariknya, gradasi warna yang ditampilkan di Realme 5 bakal berubah warna tergantung dari sudut cahaya.

Tampak belakang Realme 5 dengan empat kamera utama. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Realme menyediakan dua varian warna, yakni crystal purple dan crystal blue. Kebetulan, kami mendapatkan unit dengan warna crystal purple untuk review saat ini.

Saat pertama kali memegang Realme 5, kami menyadari smartphone ini terbilang cukup berat di tangan. Meski begitu, smartphone ini masih tetap nyaman saat digenggaman.

Tampak sisi kanan Realme 5 yang menampilkan tombol power. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Selain empat lensa kamera utama, kamu bisa menemukan sensor sidik jari di bodi belakang smartphone. Berdasarkan pengalaman, sensor ini cukup akurat, responsif, dan cepat.

Kamu bakal menemukan tombol power/off di bagian sisi kanan bodi smartphone, sementara sisi kirinya ada tombol volume dan slot micro SIM dan microSD.

Di bagian bawah, perusahaan menyertakan port micro USB, speaker, dan headphone jack 3.5mm.

Tidak lupa, smartphone ini juga sudah menyertakan teknologi pengenalan wajah untuk membuka kunci perangkat.

 

3 dari 6 halaman

Layar

Tampak depan Realme 5. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di kategori layar, Realme 5 masih mengusung desain notch dewdrop dengan bentang layar 6,5 inci HD+ dilindungi teknologi Corning Gorilla Glass 3+.

Dengan ukuran tersebut, layar Realme 5 terbilang cukup tinggi dan sulit digunakan dengan hanya satu tangan--khususnya bagi yang memiliki tangan mungil.

Akan tetapi, dengan ukuran yang lebih tinggi berarti dapat menikmati konten video seperti Netflix dan YouTube pun terbilang nyaman. Sebuah nilai lebih menurut kami.

Kelemahan yang kami dapati di layar adalah saat menggunakan smartphone ini di bawah matahari. Tampilan di layar jadi terlihat pucat dan kurang terlihat jelas.

 

4 dari 6 halaman

Performa

Main PUBG Mobile dengan pengaturan low. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Realme 5 yang sedang kami review didukung dengan chipset Snapdragon 665, dipadukan dengan RAM 3GB, memori internal 32GB, dan baterai berkemampuan 5,000mAh.

Adapun memori internal smartphone dapat diperluas hingga 256GB menggunakan microSD.

Dari segi penggunaan sehari-hari, seperti buka beberapa aplikasi, nonton video streaming berjam-jam, dan browsing internet tidak mengalami masalah.

Saat kami uji untuk bermain gim, seperti Mobile Legends, Saint Seiya: Awakening, dan Fist of the North Star, Realme 5 dapat melaluinya dengan mudah.

Namun, Realme 5 mengalami penurunan performa saat kami pakai bermain gim PUBG Mobile dan Asphalt 9.

Meski dapat bermain kedua judul gim di atas, kamu harus mengorbankan sedikit tampilan grafis agar gim tidak nge-lag saat dimainkan.

Padahal perusahaan sudah menyematkan fitur Game Space untuk dapat mendongkrak perform smartphone saat bermain gim.

Berdasarkan pengujian dengan aplikasi AnTuTu, skor yang diperoleh rata-rata mencapai 136901 ribuan. Sedangkan saat diuji melalui Geekbench, Realme 5 mendapatkan skor dengan kecepatan single-core 308 dan multi-core sebesar 1340.

Software

Realme mengandalkan OS Android 9 Pie dengan balutan software buatan perusahaan, yakni ColorOS 6, di perangkat terbarunya ini.

Di ColorOS 6, vendor smartphone asal Tiongkok tersebut menyertakan sejumlah pembaruan di user interface (UI), seperti app drawer--biar ikon aplikasi tidak berantakan, dan tentunya aplikasi bawaan.

Sayangnya, beberapa aplikasi bawaan yang disertakan di dalam ColorOS tidak dapat di uninstall.

Walau Realme menyertakan banyak bloatware di dalam smartphone, pengalaman kami bernavigasi di ColorOS cukup memuaskan.

Baterai

Mendukung performa smartphone untuk penggunaan sehari-hari, seperti buka media sosial, chatting, atau bermain gim, Realme 5 hadir dengan baterai berkapasitas 5,000mAh.

Selama pengujian, baterai Realme 5 mampu bertahan selama dua hari dengan hanya sekali nge-charge.

Sesuai dengan banderol harganya, Realme 5 tidak mendukung kemampuan pengisian baterai cepat (fast charging).

Ini berarti kamu harus menunggu beberapa saat hingga baterai smartphone dapat terisi penuh.

 

5 dari 6 halaman

Kamera

Hasil foto Realme 5 saat di luar ruangan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dalam urusan fotografi, Realme mengandalkan empat kamera utama dengan pengaturan 12MP, 8MP wide angle (119 derajat), 2MP depth sensor, dan 2MP macro lens.

Sementara keperluan selfie dilayani kamera depan beresolusi 13MP dengan AI beautification mode.

User interface (antarmuka, UI) di menu kamera menawarkan sejumlah pilihan, seperti Portrait, Photo, Video, Nightscape, Panorama, Expert, Timelapse, Slo mo, dan ultra macro.

Hadir sebagai salah satu smartphone dengan empat kamera utama, bagaimana hasil foto yang diambil menggunakan Realme 5 dalam kondisi cahaya terang hingga gelap.

Berikut ini adalah beberapa deretan fotonya.

Foto saat di salah satu sudut jalan di Singapura. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil foto di dalam ruangan dengan kondisi cahaya memadai. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, foto yang diambil saat siang hari dengan kamera utama smartphone terlihat tajam dan memiliki warna yang baik.

Saat memotret, Realme 5 mampu mengunci fokus ke objek dengan cepat.

Mode Portrait pun cukup baik untuk sebuah smartphone di kelasnya, dengan kemampuan efek bokeh yang akurat.

Mode bokeh menggunakan kamera Realme 5. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Namun, kemampuan lensa ultra macro di smartphone sulit untuk fokus ke objek sehingga membuat hasil foto tampak grainy.

Lajut ke foto yang diambil dalam kondisi minim cahaya atau di malam hari, kami mendapati foto-foto yang diambil kurang konsisten dalam hal warna dan detail objek.

Fitur Nightscape diaktifkan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Smartphone ini memang memiliki Nightscape mode yang dapat membuat hasil foto terlihat terang saat dipotret dalam kondisi minim cahaya.

Walau foto terlihat terang, hasil foto yang dihasilkan terlihat kurang detail dan warna pun terkadang tampak pucat.

Bagaimana dengan hasil kamera selfie beresolusi 13MP milik Realme 5 ini? Saat digunakan, kamera ini mampu menghasilkan foto dengan gambar yang baik.

Nightscape mode dinonaktifkan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil foto kamera selfie tampak membuat wajah lebih 'kinclong.' (Liputan6.com/ Yuslianson)

Secara keseluruhan, baik kamera belakang dan depan mampu mengambil foto dengan baik saat kondisi cahaya yang terang. Cukup mengesankan untuk sebuah smartphone dengan harga Rp 1,9 jutaan--untuk seri ini.

 

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Realme 5 dan Realme 5 Pro. Liputan6.com/Andina Librianty

Dibanderol dengan harga Rp 1,9 jutaan, Realme 5 dapat disebut sebagai salah satu smartphone terbaik di kisaran harga tersebut.

Alasannya, tidak lepas dari kombinasi empat kamera yang diusung, spesifikasi hardware yang mumpuni, dan kapasitas baterai yang besar.

Kombinasi prosesor dan baterai mampu memberikan pengalaman mnggunakan ponsel tanpa masalah untuk kegiatan sehari-hari, dan bagi yang suka main gim akan terbantu dengan Game Space.

Kamera smartphone ini juga terbilang baik dalam menangkap kondisi sekitar. Hadirnya fitur penunjang, memungkinkan pengguna berkreasi dengan kamera dari Realme 5.

Sayang, empat kamera yang terpasang di smartphone ini terasa kurang optimal bagi kami. Toh, hal itu memang cukup wajar dengan label harga yang perusahaan pasang.

Untuk menghadirkan smartphone yang lebih terjangkau, perusahaan pun harus mengorbankan sejumlah fitur yang cukup dimintai oleh pengguna, yakni fast charging.

Walau menghadirkan kapasitas baterai yang besar, kemampuan mengisi baterai dengan cepat tentunya akan menjadi nilai lebih bagi banyak pengguna.

(Ysl/Isk)

Loading