Sukses

Facebook Dorong Pengguna Aktifkan Two-Factor Authentication

Liputan6.com, Jakarta - Facebook sebagai salah satu raksasa media sosial terus menggalakkan banyak cara agar pengguna layanannya lebih memahami privasi dan keamanan di ekosistemnya. Salah satunya dengan cara membuka kafe pop up bernama Facebook Cafe di Jakarta.

Sesuai namanya, di tempat ini pengunjung dapat minum, makan, dan berkumpul bersama teman dan kerabat. Namun lebih dari itu, pengunjung juga dapat berkonsultasi soal privasi dan keamanan di ekosistem Facebook yang juga meliputi Instagram dan WhatsApp.

Menurut Manajer Kampanye Kebijakan Facebook Indonesia, Noudhy Valdryno, kafe ini hadir untuk meningkatkan kesadaran pengguna mengenai pengaturan keamanan dan privasi di layanan milik Facebook.

"Lewat Facebook Cafe ini, kami juga ingin mengajak pengguna memiliki kontrol penuh terhadap akunnya lewat fitur two-factor authentication. Jadi, mereka bisa terhindar dari upaya hacking dan phishing," ujar Noudhy saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Noudhy menuturkan two-factor authentication merupakan hal dasar yang perlu diaktifkan pengguna untuk melindungi akunnya. Fitur ini juga sudah tersedia di seluruh layanan milik Facebook, termasuk Instagram dan WhatsApp.

"Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan kami merekomendasikan seluruh masyarakat untuk mengaktifkannya, sehingga bisa mengamankan akun miliknya," tuturnya lebih lanjut.

Terlebih, cara mengaktifkan fitur ini sebenarnya mudah dan dapat dilakukan langsung dari aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Setelah fitur ini aktif, nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi saat ada upaya masuk yang dilakukan ke akun miliknya.

2 dari 2 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Two Factor Authentication

1. Facebook

Untuk di Facebook, pengguna tinggal memilih menu Settings & Privacy. Setelah itu, pilih Privacy Shortcuts. Terakhir, buka use two-factor authentication dan aktifkan.

2. Instagram

Cara untuk mengaktifkannya di Instagram tidak jauh berbeda dari Facebook. Kamu tinggal membuka menu Settings dari tab akun. Setelahnya, buka Privacy dan pilih two-factor authentication.

3. WhatsApp

Di aplikasi chatting ini, kamu dapat membuka menu settings dan pilih account. Berikutnya, kamu tinggal memilih two-step verification dan mengaktifkannya.

(Dam/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Ups, Data Pribadi 29.000 Karyawan Facebook Dicuri
Artikel Selanjutnya
Wacana Pengenalan Wajah untuk Registrasi Kartu SIM, Pemerintah Harus Jamin Keamanan Data