Sukses

Ikuti Instagram, Facebook Bakal Hilangkan Likes?

Seperti Instagram, Facebook dikabarkan mulai uji coba menghilangkan penghitungan jumlah likes dalam sebuah unggahan.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dikabarkan mulai uji coba menghilangkan penghitungan jumlah likes dalam sebuah unggahan.

Informasi ini dibocorkan oleh seorang peneliti software Jane Manchun Wong yang menemukan kode penghilangan likes tersebut di aplikasi Facebook versi Android.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Selasa (3/9/2019) Manchun menyebutkan kode di aplikasi Facebook itu menyembunyikan jumlah likes dalam sebuah postingan dari semua orang, kecuali si pengunggah.

Sementara, pengguna lain hanya akan melihat beberapa emoji reaksi dan catatan bahwa unggahan tersebut disukai oleh satu orang teman dan pengguna lain, alih-alih jumlah likes-nya.

Dalam konfirmasinya kepada Tech Crunch, Facebook menyebut pihaknya memang tengah mempertimbangkan sebuah pengujian yang nantinya menghilangkan penghitungan likes. Namun, pengujian ini belum mulai dilakukan.

Pengujian ini cukup masuk akal. Pasalnya, awal tahun ini Instagram juga mulai menguji jumlah likes yang disembunyikan dengan cara sama dengan penghilangan likes Facebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak yang Tak Setuju?

Kini likes Instagram yang disembunyikan telah diperluas ke lebih banyak negara. Penghilangan jumlah likes ini pun tampaknya mendapatkan tanggapan positif dari pengguna Instagram.

Likes sendiri telah menjadi fitur utama Facebook selama lebih dari satu dekade terakhir. Sayangnya, warganet pun terbelah, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju dengan penghilangan jumlah likes ini.

Mereka yang tidak setuju likes dihilangkan mungkin khawatir, unggahan mereka tidak mendapatkan banyak tanda likes.

3 dari 3 halaman

Instagram Hilangkan Hitungan Likes

Sebelumnya, pada April 2019, Instagram diketahui tengah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah likes yang didapatkan sebuah unggahan. Kini, uji coba itu diketahui mulai diterapkan di beberapa negara.

Awalnya, fitur ini pertama kali diuji coba di Kanada. Namun dikutip dari Tech Crunch, Kamis (18/7/2019), uji coba ini hadir ke enam negara lain, yakni Irlandia, Italia, Jepang, Brasil, Australia, dan Selandia baru.

Instagram sendiri mengaku masih terus melakukan uji coba fitur ini. Namun, belum dapat dipastikan kapan media sosial milik Facebook itu mulai menggulirkannya ke publik.

Dari desain yang beredar, nantinya sebuah unggahan tidak akan langsung menampilkan jumlah likes. Namun, Instagram akan menampilkan kata-kata unggahan itu di-liked oleh seseorang.

Lantas, apa yang menjadi alasan Instagram melakukan hal ini? Menurut Instagram, uji coba ini merupakan salah satu upaya Instagram agar followers lebih fokus pada unggahan, alih-alih melihat jumlah Likes-nya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini