Sukses

Smartphone Baru Apple Akan Pakai Nama iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max

Liputan6.com, Jakarta - Apple bakal merilis seri iPhone barunya, yakni iPhone 11, pada 11 September mendatang. Alih-alih menggunakan huruf X untuk penamaannya, Apple dilaporkan akan memberinya nama iPhone 11 series, bukan iPhone XI.

Seperti halnya tahun lalu, ada tiga iPhone yang kabarnya akan dirilis sekaligus. Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Demikian menurut sebuah laporan terbaru.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, Jumat (16/8/2019), hal ini berdasarkan sebuah blog bernama iPhone Soft. Mereka mengetahui nama seri iPhone terbaru dari dokumen milik ESR, sebuah perusahaan produsen casing untuk iPhone dan Samsung.

Selain penamaan, terdapat pula sejumlah gambar yang diduga merupakan penampakan iPhone baru tersebut. Ketiganya memakai nama "iPhone 11", "iPhone 11 Pro", dan "iPhone 11 Pro Max".

Sejauh ini, gambar-gambar perangkat dalam dokumen ESR masih sejalan dengan sejumlah bocoran gambar render iPhone 11 yang beredar di internet.

Kemungkinan, ESR telah mulai membuat casing pelindung untuk iPhone terbaru. Dengan begitu, saat perangkat melenggang di September mendatang, casing ketiganya sudah ada di pasaran.

Sayangnya tidak jelas nama iPhone 11 series ini resmi dari Apple atau hanya berdasarkan sejumlah bocoran yang beredar.

2 dari 3 halaman

Pengganti iPhone XR

Masih menurut dokumen yang sama, iPhone 11 kemungkinan merupakan penerus dari iPhone XR. Artinya, lini Pro pada iPhone merupakan penerus dari lini iPhone XS dan iPhone X yang dirilis tahun lalu.

Kemungkinan, iPhone 11 Pro merupakan penerus dari iPhone XS. Sementara iPhone 11 Pro Max merupakan suksesor dari iPhone XS Max.

Karena penamaan di atas masih belum resmi dari pihak Apple, nantinya tak akan jadi kejutan jika perusahaan memilih penamaan lain bagi ketiga produk yang bakal dirilis.

Seperti tahun lalu misalnya, Apple memilih nama iPhone XR yang terdengar lebih superior dari iPhone XS. Namun jika kabar penamaan ini benar, lini iPhone 11 Pro jelas lebih superior dari iPhone 11.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi iPhone 11

Apple akan menguumumkan iPhone 11 pada September 2019. Menjelang kehadirannya, semakin banyak bocoran tentang smartphone tersebut muncul di ranah maya.

Dilansir dari Phone Arena, Kamis (15/8/2019), seri iPhone 11 sama seperti para pendahulunya, akan debut dengan prosesor generasi baru Apple. Chip tersebut diprediksi memiliki nama A13 Bionic, yang akan dipasangkan dengan RAM 4GB untuk model premium.

Untuk memori internal, seri iPhone 11 akan memiliki opsi yakni 128, 256, dan 512GB. Tiga varian iPhone 11 diprediksi tetap memiliki notch, yang telah dihadirkan Apple sejak 2017.

Dari sisi desain, Apple disebut tidak melakukan banyak perubahan. Perusahaan lebih fokus pada peningkatan pada sisi internal.

Salah satunya untuk teknologi Face ID, yang disebut akan secepat Touch ID generasi kedua. Menurut laporan, sistem pengenalan wajah tersebut dapat bekerja pada jarak lebih dekat dan sudut lebih luas.

Seri iPhone 11 dilaporkan memiliki desain modul kamera segi empat di bagian belakang. Akan ada tiga kamera belakang, dengan salah satunya untuk pengambilan gambar super wide angle.

Menurut sumber, kamera baru tersebut akan menghasilkan foto jauh lebih baik daripada penawaran serupa dari kompetitor.

Apple juga dilaporkan menyuguhkan balutan warna Dark Green selain Space Gray, dan Silver. Warna Gold tetap ada, tapi disebut akan sedikit berbeda daripada yang dimiliki iPhone XS saat ini.

(Tin/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Tak Akan Lagi Jadi Penyuplai Utama Layar OLED iPhone?
Artikel Selanjutnya
iPhone 11 Hadir 10 September 2019?