Sukses

Google Uji Coba Fitur Baru di Chrome, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Google dikabarkan saat ini sedang menguji coba fitur tombol play dan pause di browser (peramban) miliknya, yakni Chrome.

Nantinya, tombol ini akan memungkinkan pengguna Chrome untuk memutar atau menghentikan video atau musik yang muncul di laman web.

Diketahui pertama kali oleh ZDnet dan Techdows, tombol yang terpasang di toolbar browser ini bakal diberi nama Global Media Controls.

Saat ini, tombol tersebut sedang diuji coba di peramban Chrome Development, yakni Canary, sebagaimana dikutip dari laman The Verge, Senin (8/7/2019).

Saat aktif, fitur tersebut bakal muncul di sebelah kolom URL (link), dan akan meng-highlight apa yang sedang diputar, meskipun ada di tab yang berbeda.

Dengan begini, kamu dapat mengendalikan semua konten video atau musik yang sedang didengar atau ditonton dengan lebih mudah lagi.

Sayang, Google hingga saat ini masih belum mengungkap kapan tombol play dan pause itu akan muncul secara resmi di Chrome.

2 dari 3 halaman

Chrome Kembangkan Pemblokir Iklan

Ilustrasi Google

Lebih lanjut, Google juga saat ini sedang mengembangkan sebuah "senjata" pemblokir iklan berat yang bikin browsing jadi lelet.

Mengutip laman 9to5Google, Jumat (5/7/2019), fitur ini masih diuji coba di peramban open-source Chromium, yang menjadi basis Google Chrome.

Sebelumnya, Google juga sudah mengembangkan ekstensi pemblokir iklan, namun baru kali ini raksasa teknologi itu fokus ke iklan yang bikin komputer jadi lelet.

Nantinya, ekstensi ini akan secara otomatis memblokir iklan yang masuk kategori 'bikin lelet' komputer, yaitu iklan yang memakan trafik jaringan 4MB dan 60 detik CPU.

Ketika diblokir, akan muncul pesan "Ad removed" dan pesan "This ad uses too many resources for your device, so Chrome removed it."

Sementara, belum diketahui kapan ekstensi ini bakal dibenamkan di browser Chrome. 

3 dari 3 halaman

Google Drive Uji Coba Mode Offline

Google Drive

Di sisi lain, layanan penyimpanan data berbasis cloud sedang populer. Namun, fungsinya masih bergantung pada internet. Akan menyusahkan jika ada file penting yang harus dibuka namun pengguna terbatas jaringan internet.

Untungnya, saat ini Google sedang melakukan uji coba mode offline Google Drive yang bisa dibuka di Google Chrome.

Dilansir Engadget, Rabu (26/6/2019), pengguna nantinya bisa mengakses documents, slides, spreadsheets dan kabarnya, bakal ditambah dengan kemampuan untuk menyimpan PDF, Microsoft Office dan file non-Google lainnya secara offline.

Saat ini Google mengijinkan pengguna untuk menandai file non-Google mereka di Drive secara offline. Sayangnya, fitur ini hanya berlaku bagi pengguna G Suite, dan mereka yang tidak berkesempatan bisa menggunakan browser Chrome untuk mencoba akses offline ini.

Pengguna harus mengaktifkan mode offline di pengaturan dokumen terlebih dahulu, lalu log inke akun yang disetujui oleh G Suite, baru mereka bisa menyimpan file secara offline.

(Ysl/Isk)

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK