Sukses

Menkominfo Jadi Tamu Indonesia Pertama di KACST Arab Saudi

Kunjungan ini dilakukan usai Rudiantara menandatangani MoU kerjasama dengan pemerintah Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara jadi tamu asal Indonesia pertama yang mengunjungi bangunan The King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) Arab Saudi.

Kunjungan ini dilakukan usai Rudiantara menandatangani MoU kerjasama dengan pemerintah Arab Saudi. Ditemani oleh Menteri Komunikasi dan TIK Arab Saudi, Abdullah Alswaha, Rudiantara melakukan tur keliling KACST.

Di kesempatan ini, Menkominfo mendapat penjelasan mengenai sejarah, tujuan dan manfaat didirikannya KACST.

KACST berperan penting dalam mengeluarkan kebijakan dan mengerjakan proyek penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk melakukan pengembangan Nano Solar Cells Lab, riset di bidang aeronautika, manufaktur dan inovasi 4.0 lainnya.

Selain itu, agenda lainnya adalah mengunjungi Saudi Genome Lab dan berdiskusi langsung dengan Direktur Program Nasional Skrining Pranikah, Royal Princess Haya Khaled Al Saud.

Diharapkan, kunjungan dan diskusi ini bisa menambah wawasan bagi masing-masing petinggi negara.

"Kita ingin bertukar pikiran dan pengalaman dengan pemerintah Arab Saudi khususnya di bidang pengetahuan dan teknologi," ujar Menkominfo Rudiantara, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari keterangan resmi Kemkominfo, Sabtu (6/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terbang Ke Riyadh Untuk Perkuat Ekonomi Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat ini sedang mengunjungi Riyadh, Arab Saudi, untuk melakukan kunjungan kerja.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka Penandatanganan MoU kerja sama pemerintah Indonesia-Arab Saudi untuk memperkuat ekonomi digital dua negara. Kerja sama ini turut mendorong visi Indonesia menjadi Energi Digital Asia tahun depan.

Tidak hanya itu, kerja sama ini sekaligus menguatkan dukungan Indonesia pada pencapaian visi 2030 dari Arab Saudi untuk memperkuat pengembangan sektor industri non-minyak.

Dalam kunjungan kerja itu, Rudiantara juga menuturkan kerja sama ini dapat mendorong investasi Arab Saudi di sektor digital, termasuk pengembangan startup unicorn baru di Indonesia.

Kolaborasi digital ini juga akan menjadi ajang pertukaran informasi, pengalaman, dan pengetahuan oleh ahli. Tidak hanya itu, Indonesia juga dapat melakukan penetrasi produk atau teknologi digital ke Arab Saudi.

"Kemkominfo akan menggandeng sebanyak mungkin wirausahawan muda, pelaku industri startup, dan UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam kerja sama selama lima tahun ke depan," tutur Rudiantara dalam keterangan resmi, Rabu (3/7/2019).

Inisiasi kerja sama ini sebenarnya sudah dilakukan sejak pertemuan G20 Meeting di Dusseldorf, Jerman, pada 2017. Setelah itu, pembahasan dilanjutkan dalam sejumlah pertemuan.

Kerja sama ini disebut tidak lepas dari pengalaman Indonesia dalam mendorong pertumbuhan industri digital yang ditandai dengan munculnya empat startup unicorn. Hal itu yang lantas menarik perhatian Arab Saudi.

"Pengembangan kerja sama akan melibatkan dua unicorn Indonesia, Traveloka dan Tokopedia. Mereka secara khusus datang berbagi pengalaman secara langsung dengan pemerintah Arab Saudi," tutur Rudiantara.

3 dari 3 halaman

Pembahasan Lain di Riyadh

Selain penandatangan MoU kerja sama, sejumlah pertemuan lain juga dilakukan untuk membahas rencana kolaborasi digital. Beberapa di antaranya adalah Umrah Digital Enterprise, Pengembangan 1.000 Inovasi Digital, serta pembentukan Satgas Digital.

Dalam waktu dekat, program Nexticorn berencana melakukan roadshow ke Arab Saudi. Dalam roadshow ini, mereka akan membawa sejumlah startup paling berpotensi dari Indonesia untuk memperoleh investasi.

Selama di Riyadh, Rudiantara akan dijadwalkan melakukan kunjungan ke The King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dan MiSK Foundation. Kunjungan ini dilakukan untuk bertukar pengalaman dan informasi tentang pengembangan ekonomi digital masing-masing negara.

Menkominfo dalam kunjungan ini didampingi oleh Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital Lis Sutjiati dan Staf Khusus Bidang Hukum dan Regulasi Strategis Danrivanto Budhijanto. Turut hadir pula perwakilan Traveloka dan Tokopedia.

(Tik/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.