Sukses

Ups, Filter Ubah Cowok Jadi Cewek di Snapchat Banyak Dipakai Jadi Profil Tinder

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari terakhir, filter Snapchat yang bisa mengubah foto laki-laki menjadi perempuan maupun sebaliknya tengah ramai di media sosial. Banyak orang menjajal filter ubah gender tersebut dan mengunggahnya ke internet.

Tampilan ubah gender ini memang menunjukkan hasil yang sangat berbeda dari wajah asli si pengguna. Dari foto laki-laki menjadi sosok perempuan yang sangat cantik. Filter ini ternyata begitu digandrungi oleh pengguna lelaki.

Perbedaan mencolok tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk memasangnya menjadi foto profil di aplikasi Tinder.

Mengutip laman Business Insider Singapura, Jumat (17/5/2019), para laki-laki membuat akun Tinder menggunakan foto versi perempuan mereka kemudian berhasil menipu sejumlah pengguna laki-laki lainnya.

Informasi ini banyak diunggah oleh para pengguna melalui akun Twitter-nya.

"Kakak laki-lakiku menggunakan filter Snapchat untuk menipu para cowok di Tinder, hal ini tampaknya berhasil. Bagaimana mungkin para cowok mengira kakakku sebagai perempuan sungguhan?" kata seorang pengguna Twitter.

Profil Tinder palsu ini memperlihatkan berbagai jenis pelecehan yang dialami oleh banyak perempuan pada aplikasi kencan.

Beberapa pria telah mulai mengunggah di Twitter tentang bagaimana profil mereka sebagai perempuan dibanjiri dengan berbagai bentuk pelecehan dan pesan-pesan vulgar dari pengguna pria.

"Aku membuat profil Tinder menggunakan foto filter Snapchat dan tampaknya aku membuat kesalahan. Aku mendapatkan banyak pesan (dari pengguna pria). Saya bisa merasakan jadi perempuan (yang sering dibanjiri dengan pesan-pesan seksis)," kata seorang pengguna Twitter.

2 dari 3 halaman

Jumlah Unduhan Snapchat Naik Drastis

Sekadar informasi, sejak debutnya, filter Snapchat yang mengubah foto wajah perempuan menjadi laki-laki ataupun sebaliknya ini sangatlah populer.

Di media sosial, banyak orang telah mengunduh ulang aplikasi Snapchat dan membuat akun baru hanya untuk bisa menggunakan filter baru tersebut.

Berdasarkan data Sensor Tower, dalam lima hari sejak Snapchat meluncurkan filter lensa baru tersebut, sebanyak 7 juta pengguna di iPhone dan Android telah menginstal aplikasi Snapchat untuk pertama kalinya.

Hal ini tentu menjadi peningkatan besar bagi Snapchat, terutama karena banyak pengguna baru yang tertarik pada Snapchat.

Padahal, seminggu sebelum adanya filter baru tersebut, Sensor Tower melaporkan, aplikasi Snapchat hanya diunduh 3 juta kali.

Artinya sudah ada peningkatan sebesar 133 persen dalam jumlah unduhan baru Snapchat. Tentu ini jadi lompatan signifikan bagi aplikasi yang telah berkurang basis pengguna hariannya ini.

3 dari 3 halaman

Tips Ubah Foto Cowok Jadi Cewek di Snapchat

Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan adanya filter Snapchat yang bisa mengubah rupa cowok jadi cewek cantik dan cewek jadi cowok lengkap dengan kumis dan jenggotnya.

Filter ini merupakan inovasi besutan Snapchat yang bernama Gender Swap. Penasaran untuk mencobanya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Pastikan kamu instal Snapchat dan punya akunnya. Unduh Snapchat di Play Store dan daftar terlebih dahulu kalau belum punya.

2. Buka Snapchat dan klik ikon filter di samping tombol shutter.

3. Pilih ikon wajah laki-laki kalau ingin berubah jadi laki-laki, dan pilih ikon wajah perempuan kalau ingin berubah jadi perempuan cantik

4. Cocokkan wajah dengan rupa yang dipilih

5. Ambil foto seperti biasa, lalu hasilnya akan muncul

6. Kalau ingin mengunggah ke Snapchat, cukup tekan Story. Kamu juga bisa menyimpannya ke arsip dengan mengklik Save dan mengunggahnya ke media sosial lain.

Caranya, tekan ikon di bawah tombol shutter. Setelah masuk ke arsip, pilih foto yang mana yang mau di-upload. Klik Export Snap - Camera Roll.

Fitur unik dan lucu Snapchat ini cocok dipakai untuk seru-seruan dengan teman dan keluarga. Selamat mencoba!

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Kacamata Spectacles 3 Dapat Unggah Foto dan Video Langsung ke Snapchat
Artikel Selanjutnya
Snapchat Kantongi 203 Juta Pengguna