Sukses

Posting di Instagram, Jokowi Minta Warganet Pilih Lokasi Ibu Kota Baru

Kini yang terbaru, Presiden Jokowi meminta tanggapan warganet, kota mana yang bisa dijadikan ibu kota baru, lengkap dengan apa pertimbangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Wacana pemindahan ibu kota ramai dibicarakan beberapa hari terakhir, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke luar Jakarta.

Sebelumnya warganet telah gaduh di lini masa Twitter menanggapi keputusan Presiden Jokowi. Trending topic mengenai hal inipun sempat meramaikan lini masa Twitter.

Kini yang terbaru, Presiden Jokowi meminta tanggapan warganet, kota mana yang bisa dijadikan ibu kota baru, lengkap dengan apa pertimbangannya.

"Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?" tanya Jokowi kepada warganet dalam unggahan tersebut. 

Hal tersebut diunggah orang nomor satu di Indonesia itu ke akun Instagram resmi Presiden Jokowi @jokowi, Selasa (30/4/2019).

Jokowi mengunggah sebuah pemandangan Kota Jakarta dari atas. Jakarta dalam foto tersebut tampak padat. Bersama dengan foto tersebut, Jokowi mengunggah keterangan foto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota

DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?

Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain.

Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang.

Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju.

Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung.

Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?

 

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Unggahan Presiden Jokowi itupun mendapatkan tanggapan dari warganet.

Sejak sekitar satu jam setelah diunggah, foto itu mendapatkan lebih dari 200 ribu tanda likes dan komentar-komentar dari warganet. 

Di antaranya warganet berkomentar, agar ibu kota tetap ada di Jakarta agar tidak ada kemacetan di Kalimantan.

Ada pula pengguna Instagram yang menyarankan ibu kota dipindahkan ke Batam, Kalimantan, Papua, Solo, hingga Kota Palangka Raya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini