Sukses

KPU Pastikan Sistem IT-nya Aman

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan sistem IT mereka aman. Hal ini disampaikan terkait dengan tak bisa diaksesnya situs KPU pasca Pemilihan Presiden (Pilpres 2019), Rabu, 17 April 2019.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi, saat ditemui wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/4/2019) mengatakan, "jadi perlu kami pastikan sistem IT KPU sebenarnya aman-aman saja. Kalaupun hari ini atau beberapa saat lalu down karena memang trafiknya sangat tinggi."

Menurut Pramono, tingginya trafik kunjungan ke situs KPU lantaran orang penasaran dengan hasil penghitungan cepat (quick count) yang berbeda dengan penghitungan suara KPU yang dipublikasikan di situs mereka.

Karena mengandalkan penghitungan suara yang dilakukan KPU, situsnya pun ramai dikunjungi.

"Pada hari pertama ini, trafiknya kan tinggi sekali mungkin di dua hari selanjutnya trafiknya sudah lebih normal," ucap dia.

2 dari 3 halaman

Situs KPU Hanya untuk Publikasi

Pramono memastikan, penghitungan suara di KPU sebenarnya berbasis manual. Saat ini KPU tengah merekapitulasi semua dokumen formulir secara berjenjang.

"Sementara, sistem IT untuk perhitungan itu hanya alat bantu untuk mempublikasikannya saja, tidak ada kaitannya dengan proses penghitungan. Hanya untuk publikasi saja," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Sempat Down Pasca Pilpres 2019

Sehari setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, situs resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak bisa diakses alias down.

Adapun situs KPU yang tak bisa diakses antara lain adalah https://kpu.go.id serta laman penghitungan suara Pemilu 2019 real count di https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/

Tautan terakhir memang menyajikan hasil penghitungan suara Pilpres 2019 yang diselenggarakan di tiap-tiap daerah.

Laman tersebut sempat bisa diakses semalam, namun kemudian tidak dapat diakses pagi ini.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi ketika dikonfirmasi memastikan sistem IT KPU aman-aman saja.

"Kalaupun hari ini atau beberapa saat lalu down, karena memang traffic-nya sangat tinggi," katanya, Kamis (19/4/2019).

(Tin/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Pilpres 2019, Situs KPU Down
Artikel Selanjutnya
Situs Real Count KPU Sempat Tak Bisa Diakses, Ini Penyebabnya