Sukses

Sony Konfirmasi Kehadiran PS5, Kapan Dirilis?

Misteri kehadiran PlayStation 5 (PS5) akhirnya terjawab sudah, salah satu tim pengembang konsol baru Sony tersebut akhirnya buka suara.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbulan-bulan hanya sebatas rumor dan prediksi, Sony akhirnya menyibak tabir misteri yang menyelubungi konsol penerus PS4, yakni PS5.

Konsol PS5 ini akan memiliki peningkatan yang luar biasa dalam hal kecepatan prosesor, kualitas grafis, dan audio.

Meski belum disebutkan secara pasti bakal meluncur di pasaran saat ini, Mark Cerny, kepala arsitek konsol baru Sony tersebut mengungkap sejumlah informasi yang cukup menarik.

Sekadar informasi, ini merupakan kali pertama Sony angkat bicara di ranah publik tentang penerus konsol PS4.

Dikutip dari Wired via Gamesradar, Rabu (17/4/2019), PS5 akan kompatibel dengan judul gim PS4 dan masih mengusung disk drive--beda dengan Microsoft yang memutuskan tak pakai disk drive untuk konsol barunya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikembangkan Sejak 4 Tahun Lalu

Konsol PS4. (Doc: Sony PlayStation)

Dari sesi wawancara tersebut, terungkap juga ternyata perusahaan asal Jepang ini sudah mengembangkan PS5 lebih dari empat tahun.

Ia juga mengatakan, sejumlah studio gim kenamaan di dunia saat ini sudah mengerjakan judul gim yang bakal dirilis bersamaan atau usai konsol terbaru Sony itu meluncur di pasaran.

Ini berarti, pengembang bakal meluncurkan dua judul gim yang sama untuk konsol PS4 dan PS5.

 

3 dari 4 halaman

Spesifikasi PS5

Bocoran prototype PlayStation 5 yang beredar di Reddit. (Foto: Reddit)

Lebih lanjut, PS5 bakal menggunakan chipset AMD yang berbasiskan CPU generasi ketiga Ryzen.

Tergantung dari TV yang digunakan, kamu dapat menikmati bermain gim di PS5 dengan resolusi 8K.

Dalam hal grafis, Sony bakal menggunakan GPU lini Radeon Navi yang sudah dikostumisasi agar memiliki performa tertingginya.

Menurut Cerny, digunakannya SSD (solid state drive) di konsol PS5 menjadi sebuah keharusan untuk menghadirkan performa konsol yang lebih cepat dari seri sebelumnya.

Ia mencontohkan, loading di dalam gim akan lebih cepat ketimbang waktu yang dibutuhkan saat bermain gim di PS4 Pro.

"Ambil contoh ketika gamer main gim baru Spider-Man, waktu loading selama 15 detik akan dipangkas hingga 0,8 detik," ucap Cerny.

 

4 dari 4 halaman

Harga Konsol PS5

PlayStation 4.5 akan tampil dengan prosesor lebih tinggi dan dukungan 4K (google.com)

Dengan kemampuan hardware yang ditawarkan, Sony masih belum menentukan berapa berapa harga konsol PS5 saat meluncur di pasaran nanti.

Sony terakhir kali meluncurkan konsol mereka, PS4, pada November 2013. Dilanjutkan tiga tahun berikutnya--September 2016, perusahaan meluncurkan PS4 Pro.

Peluncuran konsol PS5 ini memang sudah lama ditunggu oleh pecinta setia konsol Sony di seluruh dunia.

Sayang, kita harus menunggu sedikit lebih lama untuk kehadiran konsol baru tersebut. Cerny mengonfirmasi, PS5 tidak akan meluncur di pasaran tahun ini.

(Ysl/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.