Sukses

Desain Xbox One S Tanpa Disk Terungkap, Siap Beralih ke Digital?

Liputan6.com, Jakarta - Xbox One S yang dapat dimainkan tanpa cd fisik dilaporkan akan menjadi kenyataan. Laporan dari WinFuture menyebut Microsoft tengah menyiapkan konsol yang sepenuhnya dapat dimainkan dengan gim digital.

Dikutip dari Engadget, Selasa (16/4/2019), desain konsol anyar ini juga telah beredar di internet. Secara garis besar, desain konsol ini masih sama dengan pendahulunya, tapi tidak dilengkapi dengan Blu-ray drive.

Nantinya, konsol ini akan dibekali dengan hard drive berkapasitas 1TB. Saat meluncur nanti, Microsoft disebut turut menyertakan gim Forza Horizon 3, Minecraft, dan Sea of Thieves yang dapat langsung dimainkan.

Menurut kabar, Xbox One S anyar ini akan diungkap pada 16 April 2019 dan menyambangi Eropa pada 7 Mei 2019. Sementara untuk pasar wilayah lain, disebut-sebut Microsoft akan merilisnya dengan jadwal yang bedekatan.

Dari laporan, Xbox One ini akan dibanderol dengan harga USD 260 (Rp 3,6 juta). Harga ini sedikit lebih mahal dari laporan sebelumnya yang menyebut perangkat ini dijual dengan harga USD 200 (Rp 2,8 juta).

Selain laporan konsol Xbox One S terbaru ini, Microsoft juga disebut memiliki program bernama Odessa. Program ini memberi kesempatan pengguna Xbox One menukar CD dengan token untuk mengunduh versi digital.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah program tersebut merupakan bagian dari Xbox One S versi digital ini. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Microsoft.

2 dari 3 halaman

Siap-Siap, Windows 10 Bakal Dukung Gim dari Xbox One

Sebelumnya, Microsoft dikabarkan berencana membawa perubahan untuk platform gaming yang ada di Windows 10.

Alasannya, berdasarkan laporan Thurrot, Microsoft ingin menghadirkan dukungan gim Xbox One ke sistem operasi tersebut.

Dikutip dari Digital Trends, Sabtu (2/3/2019), rencana ini memang belum diumumkan secara resmi, tapi diketahui dari kode yang ada di Windows Insider build 18334, versi beta dari pembaruan Windows 10 April 2019.

Menurut laporan tersebut, Microsoft sudah menyertakan gim State of Decay gratis di pembaruan ini. Jadi, pengguna Windows yang terdaftar untuk mengakses versi beta dapat mencoba dan menjajal fitur anyar ini.

3 dari 3 halaman

Gim Tersedia di Microsoft Store

Thurrot juga menemukan file gim ini nantinya tidak diunduh dari Microsoft Store. Nantinya, files yang diunduh akan diekstrak menjadi XCV, format yang biasanya digunakan di Xbox One.

Tidak hanya itu, saat file dibuka, laman DirectX akan muncul yang menandakan adanya software atau gim baru dipasang. Dengan kata lain, versi State of Decay yang dibuka bukan lagi port dari PC, melainkan versi Xbox One.

Sekadar informasi, Microsoft sendiri sudah menghadirkan sejumlah gim Xbox One di PC melalui program Xbox Play Anywhere.

Namun, cara ini harus diakui membawa perusahaan besar bagi pengembang secara keseluruhan.

Alasannya, para pengembang tidak perlu menulis kode untuk sebuah gim dua kali. Dengan cara ini, Microsoft disebut-sebut ingin memberikan pengalaman bermain yang lebih mulus di PC sama seperti di Xbox One.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Microsoft Ungkap Ada Peretas Serang Akun Outlook.com
Artikel Selanjutnya
Amazon dan Microsoft Bersaing Pikat Hati Pentagon