Sukses

Pertama dalam 8 Tahun, Apple Bakal Rilis MacBook Pro Paling Besar

Analis memprediksi, setelah bertahun-tahun Apple akan merilis laptop MacBook Pro dengan ukuran paling besar dibanding biasanya.

Liputan6.com, Jakarta - Analis Apple Ming-chi Kuo memprediksi Apple akan merilis sebuah laptop MacBook Pro yang memiliki layar 16 inci pada tahun ini.

Mengutip laman Business Insider Singapura, Jumat (22/2/2019), layar 16 inci pada sebuah MacBook Pro merupakan yang paling luas yang pernah dirilis Apple dalam delapan tahun terakhir. Pasalnya, sejak 2011, Apple tak pernah merilis laptop dengan layar besar.

Pada 2011, Apple merilis MacBook Pro 17 inci. Sementara saat ini laptop MacBook Pro paling besar layarnya adalah 15 inci.

Apple diketahui menghentikan produksi model MacBook Pro 17 inci pada Juni 2012, yakni saat perusahaan merilis MacBook Pro edisi tahun 2012.

Layar laptop 16 inci bisa dibilang agak aneh dari segi ukuran. Pasalnya saat ini layar laptop memiliki ukuran 13 inci, 14 inci, 15 inci, dan 17 inci.

Saat ini, laptop Apple punya ukuran mulai dari 12 inci, 13 inci, dan 15 inci.

Belum diketahui rencana apa yang coba dibuat Apple dengan merilis MacBook Pro 16 inci ini. Justru, ada pertanyaan tentang MacBook Pro 16 inci ini, yakni bobotnya ketimbang laptop milik perusahaan pesaing.

Sebelumnya, MacBook Pro 17 inci juga sangatlah besar dan bisa dipahami alasan Apple tak merilis laptop dengan layar besar selama bertahun-tahun. Pasalnya, Apple ingin menghadirkan perangkat yang lebih kecil, ringkas, dan ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produk-Produk Apple di 2019

Selain MacBook Pro, Apple juga diprediksi merilis berbagai jenis produk tahun ini. Apa saja?

1. iPhone 11

Salah satu yang ditunggu-tunggu dari Apple tentu iPhone 11. Kuo menyebut, tahun ini Apple bakal merilis tiga tipe iPhone, yakni iPhone 5,8 inci, 6,1 inci, dan 6,5 inci.

Perangkat yang punya layar paling besar ini kemungkinan menggunakan jenis layar OLED. Sementara, perangkat yang lebih murah menggunakan layar LCD.

Sayangnya, Apple masih mempertahankan port Lightning Cable ketimbang USB-Type C.

Untuk notch, perangkat ini masih mempertahankan bentuk notch yang seperti saat ini. iPhone 11 juga akan hadir dengan fitur Face ID.

iPhone 11 juga akan dibekali tiga kamera utama, baterai berkapasitas lebih baterai, dan dukungan fitur pengisian daya nirkabel seperti milik Huawei Mate 20.

Kuo juga menyebut, kemampuan nirkabel iPhone 11 ini bisa terhubung dengan perangkat lain seperti AirPod 2 dan Apple Watches.

 

3 dari 3 halaman

iPod Touch dan iPad

2. iPod Touch

iPod Touch (Macrumor)

Masih menurut Kuo, Apple juga berencana merilis iPod Touch sebagai perangkat gaming milik Apple.

iPod Touch sebelumnya belum menawarkan opsi untuk para gamers, makanya kehadiran iPod Touch kemungkinan bisa menghadirkan perangkat gaming Apple yang lebih murah ketimbang iPhone.

Bahkan, beredar pula rumor yang menyebut Apple menghadirkan langganan Netflix untuk mendukung iPod.

3. iPad

iPad Pro 2018. (Doc: Apple)

Apple kabarnya juga akan merilis generasi terbaru iPad. Namun dibandingkan sebelumnya, ukuran iPad ini lebih besar (dibanding iPad sebelumnya) yakni dengan ukuran 10,2 inci.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.