Sukses

Huawei Umumkan Jadwal Peluncuran P30

Liputan6.com, Jakarta - Huawei akhirnya mengumumkan jadwal peluncuran smartphone terbarunya, yakni P30. Pengumuman itu diungkap melalui keterangan resmi yang dikirimkan ke media. 

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima, Selasa (19/2/2019), P30 akan memulai debutnya di Paris, Prancis, pada 26 Maret 2019.

Untuk diketahui, Seri P merupakan lini smartphone premium yang mengandalkan fotografi profesional dan desain. Seperti seri sebelumnya, Huawei melanjutkan kolaborasi dengan Leica di seri smartphone ini.

Lewat kolaborasi itu, Huawei berencana untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan pada fitur fotografinya sekaligus melakukan terobosan berkelanjutan dalam fitur kamera untuk smartphone-nya.

Seperti diketahui, seri P memang dikenal memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni. Hal itu sudah ditunjukkan dengan P20 yang berhasil menempati posisi pertama dalam daftar DxOMark Mobile.

Tidak hanya itu, P20 juga berhasil mencapai angka pengiriman lebih dari 16 juta unit di seluruh sejak diluncurkan. Keberhasilan P20 juga tidak lepas dari investasi Huawei di bidang riset dan pengembangan.

Menurut EU Industrial R&D Investment Scoreboard tahun 2018, Huawei berada di peringkat kelima dalam investasi tahun lalu.

Investasi itu telah menghadirkan terobosan berkelanjutan dalam hal pengalaman pengguna, fotografi, dan teknologi komunikasi di produk Huawei.

Sejumlah inovasi itu termasuk Kirin 980, chipset mobile pertama di dunia dengan teknologi 7nm. Selain itu, ada fitur GPU Turbo berupa teknologi akselerasi proses grafis.

Huawei juga memimpin dalam teknologi 5G dan kecerdasan buatan. Perusahaan asal Tiongkok itu menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan teknologi 5G berupa 5G CPE dan chipset 5G Balong 5000.

Sebagai informasi, tidak hanya P30, Huawei juga akan segera merilis smartphone layar pertama dengan dukungan 5G pertama di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019.

2 dari 3 halaman

Semua Varian Huawei P30 Punya Layar OLED

Informasi seputar Huawei P30 juga telah beredar di ranah maya. Diansir GSM Arena, Senin (28/1/2019), menurut laporan baru, dua varian Huawei P30 akan memiliki layar OLED.

Penggunaan OLED ini dinilai diperlukan untuk menempatkan sensor pembaca sidik jari optical di dalam layar. Kehadiran sensor sidik jari di dalam layar sekaligus akan membuat Huawei P30 bebas dari notch atau "poni".

Mengenai spesifikasi lain, P30 disebut memiliki layar berukuran 6,1 inci, sedangkan varian P30 Pro dengan 6,5 inci. Huawei dilaporkan memiliki fitur tiga kamera yang sama seperti Mate 20 Pro.

Huawei P30 Pro akan memiliki sebuah kamera baru, yang kemungkinan termasuk modul bergaya periscope untuk zoom optical lebih tinggi. Kamera ini akan menggunakan sensor Sony terbaru.

Huawei P30 dan P30 Pro akan disokong chipset Kirin 980, serta dua opsi RAM yakni 8GB dan 12GB. Keduanya akan memiliki headphone jack 3,5mm.

3 dari 3 halaman

Huawei P30 Versi Reguler Bakal Punya 3 Kamera Belakang?

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (25/12/2018), Evan Blass yang kerap memberikan bocoran tentang gadget terbaru, mengunggah informasi tentang P30.

Jika informasi ini benar, maka versi reguler dari P30 nantinya akan memiliki tiga kamera belakang, seperti P20 Pro dan Mate 20 Pro. Sebelumnya, versi regulasi P20 hanya memiliki dua kamera belakang.

Laporan tersebut menambahkan, kamera utama Huawei P30 akan memiliki resolusi maksimal 40MP. Hal ini tentunya akan membuat hasil foto menjadi jauh lebih baik.

Menemani kamera utama, diprediksi akan ada kamera telephoto baru pada smartphone tersebut dengan 5x zoom yang mengesankan. Selain itu, juga akan ada peningkatan resolusi untuk wide-angle.

Pada bagian depan, terdapat satu kamera dengan resolusi 24MP. Sayang, sejauh ini belum ada informasi yang lebih rinci tentang kemampuan kamera depan tersebut.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Huawei Dibelit Masalah, Samsung Manfaatkan Peluang di Industri Jaringan
Artikel Selanjutnya
Bisnis Terancam, Huawei Pasang Iklan di Selandia Baru