Sukses

Ini Dia, Operator yang Internetnya Paling Baik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Layanan internet dari operator Telkomsel dinobatkan sebagai yang paling baik di Indonesia. Hal ini berdasarkan pengujian pada tools speed test nPerf di sepanjang 2018.

Data nPerf menyebut, sepanjang tahun 2018, tools-nya dipakai untuk menguji sebanyak 636 ribu kali pengujian oleh pengguna di Indonesia. Pengujian yang dilakukan meliputi tes kecepatan, tes streaming, dan tes browsing.

 

"Ketika dilihat kecepatan pengunduhan, kami melihat bahwa sebagian besar operator seluler memberikan kecepatan yang terbatas pada pengujian intensif, misalnya untuk streaming video HD. Hanya Smartfren yang menyediakan unduhan cukup untuk penggunaan intensif," ujar nPerf dalam keterangan yang dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (18/2/2019).

Telkomsel menjadi operator terbaik di Indonesia menurut hasil pengujian nPerf (Foto: nPerf)

Hasil pengujian menyebut, Telkomsel menduduki posisi sebagai operator seluler yang mampu menghadirkan kecepatan internet terbaik di Indonesia.

"Meski mendapatkan hasil baik selama paruh pertama 2018, Smartfren kehilangan tempatnya. Telkomel merupakan operator yang mendapatkan performa terbaik pada 2018. Ini didukung dengan kecepatan upload dan performa browsing-nya," tambahnya.

Operator dengan kecepatan unduh paling baik di Indonesia (Foto: nPerf)

Berdasarkan metodologi, Telkomsel mendapatkan poin 23.185 nPoint.

Setelah Telkomsel, berada di posisi kedua ada XL Axiata. Menurut nPerf, hal ini didukung oleh performa yang baik, terutama pada bidang upload (5,01Mbps), latensi, dan streaming-nya.

2 dari 2 halaman

Smartfren di Urutan Ketiga

Posisi ketiga penyedia internet paling kencang di Indonesia adalah Smartfren.

Meski Smartfren ada di urutan ketiga, anak usaha Sinar Mas Grup ini disebut-sebut menghasilkan kecepatan download paling cepat (14,77Mbps). Angka ini jauh di atas Telkomsel yang punya kecepatan 8,06Mbps.

Kecepatan unggah operator di Indonesia (Foto: nPerf)

"Performa baik ini hadir dari layanan LTE Advanced milik Smartfren. Pasalnya, Smartfren merupakan satu-satunya operator di Indonesia yang menghadirkan layanan 4G dengan rerata koneksi 39,72 persen, jauh di atas para kompetitornya yang tidak sampai 6 persen," tulis nPerf dalam blog-nya.

Berada di posisi keempat adalah operator seluler Bolt. Sayang, Bolt harus menghentikan operasinya November lalu, sehingga tak ada data mengenai kecepatannya per Desember.

Masih berdasarkan hasil pengujian nPerf, operator Indosat Ooredoo dan 3 Tri Indonesia berada di dua urutan terakhir. 

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Seniman Bikin Potret Marilyn Monroe dari 9570 Sekrup
Loading
Artikel Selanjutnya
Meme Kocak Unicorn di Medsos Meriahkan Debat Capres
Artikel Selanjutnya
Guyonan Kaesang Mengubah Sang Pisang Jadi Startup Unicorn