Sukses

Fitur WhatsApp Terbaru, Pengguna Bisa Tolak atau Terima Undangan Masuk Grup

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp terus melakukan pengembangan untuk kenyamanan para pengguna dengan menghadirkan fitur-fitur yang tentunya penting dan berguna. Setelah resmi membuka program beta publik pertama, WhatsApp mulai mengembangkan fitur baru untuk semua pengguna beta. WhatsApp versi ini akan tersedia untuk setiap pengguna versi AppStore.

Nah, kali ini WhatsApp sepertinya mendengar keluhan-keluhan pengguna dengan membuat fitur baru yang mencegah pengguna untuk dimasukkan ke grup percakapan yang tidak disetujui. Soalnya, selama ini tak sedikit pengguna WhatsApp sering dimasukkan ke dalam sebuah grup percakapan tanpa seizin pengguna. Hal ini dinilai banyak orang sangat mengganggu dan melanggar privasi.

Fitur terbaru WhatsApp ini akan membatasi undangan untuk masuk ke grup. Fitur terbaru WhatsApp ini adalah Group Invitation atau Undangan Grup, yang dimana awal mulanya hanya diperuntukkan untuk pengguna WhatsApp bisnis. Namun pihak WhatsApp akan mengembangkan untuk seluruh pengguna.

Seperti yang telah diumumkan di Twitter oleh WABeta Info, fitur ini masih dalam tahap uji coba. Fitur ini baru disebarkan untuk pengguna yang terdaftar dalam iOS beta program. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan versi terbaru.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatur Fitur Group Invitation WhatsApp

Anda dapat mengatur fitur Group Invitation ini di Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Grup. Saat Anda mengatur pengaturan ini, Anda akan diberikan tiga pilihan atau opsi untuk menentukan siapa saja yang bisa mengundang Anda untuk bergabung dalam grup.

Opsi Everyone: Jika Anda memilih opsi ini, maka Anda dapat menerima undangan masuk ke grup dari siapa saja baik itu yang Anda kenal atau tanpa izin. Kalau Anda memilih opsi ini, maka privasi akan tetap terganggu.

Opsi My Contact: Jika Anda memilih opsi ini, maka hanya nomor atau orang tertentu yang ada di dalam daftar kontak Anda saja yang bisa mengundang nomor Anda ke dalam grup. Jadi, pengguna lain yang nomornya tidak Anda simpan dalam daftar kontak, tidak bisa mengundang Anda masuk ke dalam grup.

Opsi Nobody: Jika Anda memilih opsi ini, maka Anda bisa menyaring semua undangan masuk ke grup baik itu dari nomor yang sudah terdaftar di kontak, maupun nomor yang tidak dikenal.

3 dari 3 halaman

Fitur WhatsApp Terbaru Masih dalam Tahap Pengembangan

Namun, dengan pilihan ini, Anda akan tetap mendapatkan pemberitahuan saat ada pihak yang ingin mengundang Anda ke dalam grup percakapan. Di sini Anda bisa memilih apakah mau menerima atau tidak undangan tersebut.

Pemberitahuan ini akan muncul selama 72 jam. Selama waktu tersebut, Anda masih bisa mau atau tidak menerima undangan grup tersebut.

Nah, terakhir ada opsi Nobody yang akan menjadi pilihan dan paling dianjurkan untuk menjamin privasi Anda. Soalnya, dengan pilihan ini, Anda tidak akan bisa dimasukkan ke sembarang grup yang tidak Anda kehendaki.

Gimana, pengembangan terbaru dari WhatsApp ini? Makin keren pastinya, kan. Namun Anda perlu bersabar dahulu, soalnya fitur Group Invitation ini masih belum tersedia.

WhatsApp masih melakukan tahap pengembangan untuk fitur ini. Namun tenang saja, untuk ke depannya, fitur ini bisa digunakan untuk pengguna WhatsApp di perangkat Android dan iOS.

Korban Kebakaran Krukut Dapat Bantuan Rp 2,5 Juta
Loading
Artikel Selanjutnya
Sebar Hoaks di WhatsApp, Akun Kamu Bakal Ditendang