Sukses

Xiaomi Beberkan Smartphone Layar Lipat, Ini Penampakannya

Liputan6.com, Jakarta - Selain Samsung dan Huawei, Xiaomi juga tengah mengembangkan smartphone layar lipat. Bahkan, salah satu founder perusahaan juga telah mengumumkan perangkat layar lipatnya itu dalam sebuah video.

Nah, baru-baru ini, Xiaomi mengumumkan sebuah pernyataan kepada LetsGoDigital. Pernyataan ini mendeskripsikan tentang smartphone layar lipatnya dan sejumlah hal terkait dengan pengembangan, tantangan dalam teknologi layar fleksibel dan lipat, hingga konfigurasi MIUI yang berbeda ketimbang di smartphone Xiaomi lainnya.

Dijelaskan pula dalam pernyataan itu bahwa layar fleksibel yang dipakainya, dikembangkan oleh Xiaomi dan pemasok layarnya.

"Smartphone layar lipat ganda merupakan inovasi terbaru dari Xiaomi. Salah satu komponen kuncinya adalah layar lipat fleksibel yang dikembangkan oleh Xiaomi bersama dengan mitra penyedia layar," kata Xiaomi dalam pernyataannya seperti dikutip GSM Arena, Rabu (13/2/2019).

Xiaomi menegaskan, selain bagian layar lipat, yakni desain, mekanisme lipat, dan adaptasi MIUI dikembangkan secara mandiri oleh Xiaomi.

"Xiaomi merupakan vendor pertama yang menghadirkan smartphone layar lipat ganda di dunia, kami juga menghadapi tantangan dalam pengembangannya," tutur Xiaomi.

Adapun tantangan yang dimaksud mulai dari bentuk, layar lipat ganda, layar lipat, hingga bentuk tablet.

"Untuk menghadirkan solusi terbaik, Xiaomi melakukan riset mendalam tentang pengembangan mekanisme lipatnya," kata Xiaomi menambahkan.

Xiaomi juga menyebut, tiap inovasi yang ada merupakan hasil kolaborasi dan upaya riset pengembangan antara mitra dan pembesut perangkat. Menurut Xiaomi, merupakan anggapan yang sangat salah jika layar lipat bisa dijadikan smartphone layar lipat tanpa ada gebrakan dalam teknologinya.

Makanya, bagi Xiaomi, setiap segmen dalam rantai industri memiliki kontribusi yang unik.

"Xiaomi percaya, produk-produk yang inovatif dan memiliki pengalaman pelanggan yang baik bisa tercipta dengan adanya kolaborasi dari banyak pihak," katanya.

2 dari 3 halaman

Gambar Render Smartphone Layar Lipat Xiaomi

Gambar 3D render smartphone layar lipat Xiaomi (Foto: GSM Arena/ LetsGoDigital)

LetsGoDigital juga mempublikasikan sejumlah gambar 3D render dari smartphone layar lipat Xiaomi berdasarkan sejumlah bocoran.

Memang, MIUI yang ditampilkan tidak mencerminkan antarmuka MIUI seperti pada smartphone Xiaomi lainnya. Kini, kabarnya Xiaomi tengah mempertimbangkan dua nama untuk prototipe smartphone layar lipatnya.

Kemungkinan salah satunya bernama Xiaomi Dual Flex dan lainnya adalah Xiaomi MIX Flex. Kendati begitu belum diketahui nama apa yang akan dihadirkan untuk perangkat ini.

3 dari 3 halaman

Mekanisme Layar Lipat Xiaomi

Jika dilihat dari gambar render, smartphone layar lipat Xiaomi memiliki dua bidang lipat yang bisa menekuk ke belakang dan membungkus bodi belakang telepon.

Kemudian, MIUI akan bergeser ke bagian tengah, sebagai satu-satunya layar yang dipakai saat perangkat dilipat.

Saat layar dibuka, telepon berubah menjadi tablet yang lebih besar dengan bezel tipis di seluruh area layar dan bisa dipakai untuk melihat aplikasi, nonton video, dan lain-lain.

Menariknya, pada render ini tidak terlihat adanya kamera smartphone layar lipat. Mungkin, kamera ditempatkan pada bagian belakang tengah perangkat. Sehingga untuk memotret, perangkat harus dibuka.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Detik-Detik Bocah Hampir Jatuh dari Kereta Gantung
Loading
Artikel Selanjutnya
Bos Xiaomi Janjikan Performa Kamera Lebih Mumpuni
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Punya Desain Smartphone Tak Biasa, Seperti Apa?