Sukses

Berusia 35 Tahun, Tim Cook Kenang Saat Macintosh Diluncurkan

Bos Apple, Steve Jobs, mengenang saat pendiri Apple Steve Jobs meluncurkan Macintosh 35 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple, Tim Cook, membuka kenangan saat perusahaan pertama kalinya merilis komputer Macintosh (Mac), 35 tahun lalu.

Cook mengingat masa-masa saat pendiri Apple Steve Jobs mengumumkan Macintosh di tahun 1984.

Melalui akun Twitter-nya, Cook menuliskan, kini banyak orang memakai Mac dibandingkan sebelumnya karena mengikuti passion mereka.

Mengutip Economic Times, Minggu (27/1/2019), Macintos merupakan suksesor atas komputer pertama Apple, Lisa. Macintosh mengubah bagaimana orang-orang di dunia memakai komputer.

"35 tahun lalu, Macintosh mengucapkan hello. Macintosh mengubah bagaimana kita melihat komputer yang akhirnya mengubah dunia. Kami senang dengan Mac dan hari ini kami bangga, lebih banyak orang menggunakan Mac untuk menggapai impian dan membentuk masa depan," cuit Cook dalam akun Twitter-nya.

Generasi pertama Macintosh dibanderol dengan harga yang sangat mahal saat itu, yakni US$ 2.495. Perangkat tersebut merupakan konfigurasi komputer sederhana di era smartphone saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Steve Jobs dan Macintosh

Macintosh hadir dengan CPU Motorola 68000 dengan kecepatan 8HMz dan RAM 128K. Macintosh generasi pertama juga hadir dengan monitor hitam putih berukuran 9 inci dan resolusinya 512-342 piksel.

Komputer ini juga didukung diska internal 3,5 inci yang bisa menyimpan hingga 400k.

Steve Jobs menyebut perangkat Mcintosh merupakan standar industri ketiga setelah Apple II dan komputer milik IBM.

Saat meluncurkannya dulu, Jobs mengeluarkan Macintosh dari sebuah tas dan memasukkan diska ke drive 3,5 inci dan menyalakannya. Saat itu, Macintosh mengucapkan "Hello" kepada dunia.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.