Sukses

Cara Ganti Password Gmail di Android dengan Mudah, Nggak Butuh Waktu Lama

Liputan6.com, Jakarta Tahu kah kamu? Kalau ada kegiatan kampanye untuk peringatan hari password sedunia. Rupanya, peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan pengguna internet akan bahaya 'Heartbleed' yang beberapa waktu lalu melanda dunia jagat maya.

Heartbleed itu sendiri adalah bug atau cacat program yang terkandung di dalam Heartbeat. Heartbeat ialah program pendukung untuk OpenSSL.

OpenSSL adalah protokol pengamanan otentikasi open source yang paling banyak digunakan oleh penyedia layanan di internet yang membutuhkan pengamanan kriptografi otentikasi seperti Google, YouTube, Mine Craft, Dropbox, Wikipedia, Yahoo, Go Daddy, Facebook, dan Amazon Web Service.

Tentunya jika ada bahaya Heartbleed maka akun kamu juga bermasalah. Bagaimana mengatasinya? Salah satunya dengan mengganti password.

Begitu juga dengan akun Gmail, kamu pun juga secara berkala sebaiknya mengganti kata sandi atau password. Kenapa? Demi keamanan akun Gmail itu sendiri khususnya aman dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Untuk akun yang satu ini, kamu memang harus lebih ekstra waspada, apalagi jika akun Gmail kamu sudah digunakan untuk internet banking, untuk membuat Twitter, Facebook dan kegiatan di dunia maya lainnya yang pendaftarannya memerlukan alamat email.

Kamu tahu bahwa ketika lupa password akun media sosial seperti Twitter, Instagram ataupun Facebook proses pemulihannya akan selalu ada konfirmasi melalui email terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya kembali.

Apa jadinya jika orang yang tidak bertanggung jawab bisa membuka email kamu? Tentu mereka juga bisa menguasai akun-akun tersebut. Belum lagi jika kamu menggunakan alamat email untuk berbisnis dan orang lain mengetahui passwordnya.

Akun email adalah kunci dari semua akun-akun yang lain. Maka dari itu sebaiknya sesekali kamu harus mengubah password akun email tersebut. Apalagi bagi yang suka login di sembarang komputer, warnet ataupun laptop dari teman, sebaiknya mengganti password dengan terjadwal.

Dengan kamu menjaga akun Gmail kamu, tentu kamu juga sedang menjaga privasi kamu. Karena dalam kotak masuk araupun kotak keluar akun Gmail pasti terdapat berkas-berkas penting dari pekerjaan ataupun arsip-arsip lainnya.

Jika, dapat diakses oleh tangan jahil, bisa jadi dapat disalah gunakan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengganti password kamu secara berkala.

Mengganti password Gmail saat ini juga tidak perlu menggunakan komputer atau laptop, kamu pun bisa mengganti password dengan smartphone di tanganmu saja. Nah, bagaimana caranya mengganti password Gmail di ponsel kamu?

Nah, selamat kamu saat ini sedang berada di laman yang tepat. Pada artikel ini, kamu akan mengetahui cara ganti password Gmail di android yang dapat langsung kamu praktikkan. Dengan melihat cara ganti password Gmail di android diharapkan dapat mengamankan akun kamu dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Artikel ini akan membahas tentang cara ganti password Gmail di android, yang bisa kamu lamgsung kamu praktikkan. Jangan lupa untuk bagikan artikel cara ganti password Gmail di android kepada temanmu, agar akun mereka juga tetap aman.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/1/2019) cara ganti password Gmail di android yang patut kamu coba.

2 dari 3 halaman

Langkah-langkah Ganti Password di Android

1. Langkah pertama dengan masuk ke aplikasi Gmail kamu.

2. Lalu di pojok kiri atas, sentuh ikon tiga garis untuk membuka menu.

3. Langkah ketiga, setelah menu tersebut terbuka, usap layar ke atas hingga kamu menemukan pilihan Setting. Sentuh menu tersebut.

4. Setelah terbuka, pilih menu Manage My Account.

5. Kemudian pilih menu Sign-in & Security.

6. Kamu bisa mengubah password dengan menyentuh menu Password.

7. Masukkan sandi baru yang ingin digunakan pada kolom New Password.

8. Masukkan kembali sandi baru yang sama pada kolom Confirmation sandi baru. Jika sandi cocok tekan ubah sandi.

 

3 dari 3 halaman

Tips Membuat Password Gmail

 

Jika semua langkah-langkah diatas sudah kamu lakukan, sandi Gmail sudah berhasil diubah. Untuk keamanan akun Gmail kamu lebih maksimal, pastikan password atau kata sandimu memiliki tingkat kesulitan yang susah untuk ditebak.

Nah, berikut tips membuat password atau kata sandi agar akun Gmail kamu bisa lebih aman.

1. Gunakan kata atau karakter yang mudah diingat.

2. Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka.

3. Minimal gunakan huruf dan angka.

4. Sandi Gmail selalu menggunakan minimal 8 karakter. Semakin panjang dan banyak kombinasi semakin kuat.

5. Jangan gunakan nama, tanggal lahir, alamat rumah, nama hewan piaraan atau kata lain yang mudah ditebak.

Nah, uraian di atas adalah cara ganti password Gmail di android yang bisa kamu praktikkan. Amat sangat mudah bukan? Selalu lindungi akun penting kamu agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Selamat mencoba!

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

Ngeri, Pertarungan Hebat Dua Komodo di Pulau Rinca

Tutup Video