Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Harga Smartphone Murah Samsung Akhirnya Terungkap

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dipastikan meluncurkan model smartphone terbaru Galaxy M di India. Smartphone tersebut akan diperkenalkan dalam acara yang digelar pada 28 Januari 2019.

Galaxy M digadang-gadang akan menjadi perangkat Samsung yang dijual dengan harga terjangkau. Samsung sendiri belum memberikan informasi resmi, tapi baru-baru ini harga Galaxy M ternyata sudah terungkap. 

Dikutip dari Times of India, Selasa (22/1/2019), Galaxy M10 akan dijual dengan harga 8.990 rupee atau sekitar Rp 1,8 juta. Sementara Samsung akan membanderol Galaxy M20 dengan harga 12.990 atau sekitar Rp 2,5 juta.

Kehadiran dua smartphone ini disebut merupakan cara Samsung membendung vendor asal Tiongkok yang kerap menjual produk murah. Dengan kata lain, produk ini akan beradu dengan produk dari Xiaomi atau Oppo.

Sejumlah sumber juga menyebut Samsung memiliki rencana besar untuk 2019. Alasannya, tahun ini menandai 10 tahun kiprah seri Galaxy dan ada kemungkinan perusahaan memiliki strategi khusus untuk memperingatinya.

Untuk informasi, Galaxy M akan menjadi lini smartphone perdana Samsung yang menggunakan notch, setelah Galaxy A8s. Namun, kali ini Samsung menggunakan desain notch yang diberi nama Infinity-U.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Smartphone Murah Samsung Galaxy M Mulai Terkuak

Informasi seputar spesifikasi smartphone ini juga sudah muncul di internet. Dikutip dari Phone Arena, Galaxy M20 ini akan memiliki layar 6,3 inci dengan desain Infinity-U.

Samsung menggunakan panel layar LCD beresolusi 2340 x 1080 piksel. Bagian belakang smartphone ini dibalut alumunium yang diletakkan pula pemindai sidik jari dan dua kamera.

Konfigurasi dua kamera tersebut terdiri dari lensa beresolusi 13MP dan 5MP, sedangkan kamera depannya beresolusi 8MP.

Untuk spesifikasi, smartphone ini akan dipersenjatai Exynos 7885, chip yang sama digunakan pada Galaxy A7 (2018). Smartphone ini memiliki RAM 3GB dengan opsi memori internal 32GB atau 64GB.

Samsung membenamkan Android 8.1 Oreo untuk smartphone ini. Sebagai pendukung performanya, Galaxy M20 dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan fast charging.

3 dari 3 halaman

Bendung Xiaomi, Samsung Bakal Rilis Smartphone Murah

Keputusan untuk merilis smartphone ini dilakukan untuk membuat Samsung tetap dapat bersaing dengan vendor-vendor smartphone dari Tiongkok, salah satunya adalah dengan Xiaomi.

Pasalnya, sejauh ini pangsa pasar Samsung di India telah kalah dari Xiaomi di dua dari tiga wilayah di India. Demikian menurut peneliti teknologi Counterpoint di tahun 2018.

Mengutip laman Reuters, smartphone murah Samsung yang bakal dirilis di India adalah seri M. Rencananya, Samsung akan menjual perangkat ini melalui toko online-nya dan Amazon.

Kepada Reuters, Samsung menyebut, operasi perusahaan di India akan membantu perusahaan menggandakan penjualan online.

"Seri M telah hadir untuk menyasar konsumen milenial di India," kata Head of Samsung Indian Mobile Business Asim Warsi.

Dia mengatakan, smartphone ini rencananya akan dirilis secara global, setelah lebih dahulu diperkenalkan di India, akhir Januari 2019.

Kendati demikian, Asim Warsi menolak menyebut spesifik tentang porsi keuntungan smartphone dari bisnis online-nya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Unboxing Samsung Galaxy M30s: Harga Rp 3 Jutaan, Punya Kamera 48MP dan Baterai Bongsor
Artikel Selanjutnya
Samsung Luncurkan Smartphone dengan Kamera di Bawah Layar Tahun Depan