Sukses

Trafik Internet Melonjak Sepanjang Debat Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres cawapres pertama jelang Pilpres 2019 masih terus jadi perhatian. Misalnya terkait dengan pemberitaan yang ramai mengenai pernyataan kedua calon hingga aksi warganet yang mengunggah cuitan-cuitan kocak di lini masa Twitter.

Meski begitu, ada hal lain yang tak kalah menariknya, yakni trafik internet saat berlangsungnya Debat Pilpres pada Kamis 17 Januari 2019 pukul 20.00-23.00 WIB.

Salah satu operator seluler menyebut ada kenaikan saat debat berlangsung. Sementara, beberapa operator seluler lainnya menyebut baik saat debat maupun setelah debat berlangsung, trafik internet tetap tinggi.

"Dari jam 20.00-23.00 WIB pada 17 Januari, terjadi kenaikan trafik layanan rata-rata 45 persen, di mana kenaikan tertinggi sebesar 65 persen dari akses streaming menggunakan browser," kata operator seluler XL Axiata dalam keterangannya kepada media, Minggu (20/1/2019).

XL lebih lanjut menyebutkan, streaming dengan browser paling banyak diakses melalui salah satu portal berita, disusul oleh Google Play Movie, video browsing, dan threads TV streaming.

 

2 dari 2 halaman

Smartfren dan Telkomsel

Sementara itu, VP Network and Technology Smartfren Munir Syahda Prabowo dalam pernyataannya mengatakan, "Terkait dengan adanya debat capres cawapres, dapat kami sampaikan bahwa trafik Smartfren tetap tinggi, baik sebelum dan sesudah."

Hal ini, kata Munir, karena adanya kepercayaan dan sambutan antusias dari hadirnya paket unlimited Smartfren.

Lain lagi dengan operator seluler Telkomsel. Dalam keterangannya, disebutkan bahwa payload umum tidak ada kenaikan pada periode waktu debat dibandingkan periode yang sama di hari normal dan Kamis minggu lalu.

Meski begitu, GM External Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin mengatakan, aplikasi Maxtream telah berhasil menayangkan acara Debat Capres-Cawapres Indonesia pada pukul 20.00-23.00 WIB.

"Pada periode tersebut Maxtream mengalami kenaikan jumlah viewers lebih dari 100 persen," katanya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini